Pohon Jati Tumbang Diterpa Angin Kencang Sebabkan 18 Tiang Listrik RobohPLN UP3 Banyuwangi


Pohon Jati Tumbang Diterpa Angin Kencang Sebabkan 18 Tiang Listrik Roboh

Keterangan Gambar : Belasan tiang listrik roboh ke jalan menutup akses menuju TN Alas Purwo. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang terjadi di akses jalan Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, menimpa kabel listrik hingga menyebabkan belasan tiang listrik patah dan roboh.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi, Krisantus Hendro Setyawan mengatakan, informasi yang diterimanya, peristiwa itu terjadi pada Rabu dinihari (7/4/2021) sekitar pukul 01:00 WIB.

Sebuah pohon jati berdiameter 70 sentimeter dengan tinggi 20 meter, roboh menimpa kabel listrik. Akibatnya, sebanyak 18 tiang jaringan listrik mengalami patah dan roboh mengarah ke jalan. Imbasnya, akses jalan menuju Alas Purwo sempat ditutup sementara waktu.






Baca Juga :

"Jadi untuk di Alas Purwo itu kita memakai kabel yang terbungkus, antara tiang yang satu dengan tiang yang lainnya saling mengikat. Sehingga, apabila ada salah satu yang mengenai jaringan akan berimbas kepada yang lain," jelas Krisantus saat dihubungi melalui selulernya, Rabu siang.

Belum diketahui secara pasti berapa kerugian dan jangka waktu perbaikan akibat peristiwa tersebut. Namun yang jelas, masih kata Krisantus, pihaknya masih berupaya melalukan evakuasi dan perbaikan.

"Seluruhnya kita ganti, karena 18 tiang yang roboh itu seluruhnya patah dan rusak. Namun beruntung, tidak sampai menimbulkan korban jiwa," ucapnya.

"Proses perbaikan akan kita lakukan semaksimal mungkin. Akan tetapi berapa lama yang dibutuhkan untuk perbaikan belum bisa kita pastikan, mengingat cuaca saat ini masih berubah-ubah dan susah diprediksi," imbuhnya.

Krisantus melanjutkan, pemadaman akan terjadi di sekitar kawasan  Alas Purwo, seperti di Resort Kucur dan di G-land.

"Namun pemadaman tidak sampai ke pemukiman penduduk setmpat," pungkasnya. (fat)