oleh

Aplikasi SITAMANIS, Kreasi dan Inovasi Baru Tangani Covid-19

KabarBanyuwangi.co.id – Masa pandemi Covid-19, membuat semua lini pelayanan harus melakukan terobosan baru. Termasuk sektor pemerintahan paling bawah, dalam melayani masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Kota Banyuwangi, yaitu membuat inovasi terbarunya bernama, Sistem Informasi Transparasi Anggaran Manajemen Berbasis Inspirasi (SITAMANIS).

SITAMANIS merupakan menu baru yang ada di dalam aplikasi Smartkampung milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Menu ini berfungsi untuk menampung usulan masyarakat terkait penggunaan Anggaran Dana Kelurahan (ADK).

“Kalau di Desa namanya Dana Desa (DD), kalau di Kelurahan namanya Anggaran Dana Kelurahan (ADK). Nah, lewat menu ini warga Taman Baru bisa usul ide kreatifnya. Kira-kira program apa saja yang diperlukan,” ungkap Lurah Taman Baru Abdur Rachman, Jumat (12/6/2020) malam kepada kabarbanyuwangi.co.id.

Baca Juga: Simulasi New Normal Pariwisata Banyuwangi Diperkenalkan ke Diaspora Seluruh Dunia

Baca Juga: Banyuwangi Simulasi New Normal Sentra Kuliner, Pantau Pelayan sampai Juru Masak

Meski warga bisa mengusulkan program, tetapi dalam penetapannya harus melalui mekanisme musyawarah. Warga yang menggunakan plikasi ini, cukup download aplikasi Smartkampung di Playstore, dan temukan menu SITAMANIS.

Lebih lanjut, Rachman mengatakan, menu aplikasi ini sementara hanya bisa diakses warga Kelurahan Taman Baru. Karena masih dalam tahap uji coba. Apabila menu ini berhasil, selanjutnya akan di kembangkan ke Kelurahan lain.

“Ini inovasi dari Kelurahan Taman Baru dan masih pilot project. Selain warga Taman Baru belum bisa akses,” tandasnya.

Menu aplikasi ini dilaunching langsung oleh Camat Banyuwangi Moch. Lutfi, di Aula kelurahan Taman Baru. Hadir dalam peresmian dantanya para tokoh masyarakat, pemuka agama, seluruh RT dan RW yang ada di Kelurahan Taman Baru Kecamatan Banyuwangi. (man)

_blank

Kabar Terkait