oleh

Batik Laras Pondoknongko, Menambah Khasanah Batik Khas Banyuwangi

KabarBanyuwangi.co.id – Tidak mau ketinggalan kreativitas dengan desa lain, seorang pemuda asal Desa Pondoknongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi bertekad membuat batik yang mencerminkan khas daerahnya. Semangatnya satu dan berseru, Pondoknongko harus tegak lurus dengan daerah lain yang selama ini sudah dikenal sebagai penghasil batik, seperti Temenggungan, Kemiren, Blimbingsari dan Tampo, Cluring.

Batik Laras yang sudah berproduksi mulai tahun 2019 tersebut, bertempat di wilayah Dusun Kedawung RT 01 / RW 02 Desa Pondoknongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Batik Laras merupakan produksi mandiri, dijalani seorang Pemuda Desa Pondoknongko, bernama Muslihudin. Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Pondoknongko tersebut, memulai usaha di bidang industri kreatif berupa  batik, karena melihat peluang bisnis yang semakin luas di daerah Banyuwangi.

Baca Juga: Pemerintah Desa Pondoknongko, Bekali Pemuda Dengan Video Kreatif

Baca Juga: Hadapi New Normal, Anggota TNI Koramil Kabat Gencar Sosialisasi dan Edukasi ke Warga

Baca Juga: Berdalih Bisa Cairkan Uang Pinjaman Miliaran, Ibu Rumah Tangga Tipu Warga

Kita ketahui bersama, bahwa Batik Banyuwangi banyak diminati orang. Ini  merupakan dampak positif, dari sektor pengengambangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Sehingga peluang berbisnis di bidang industri batik, memiliki akses yang sangat luas dan menjanjikan.

Membatik sendiri, bukan pekerjaan seni sederhana. Bahkan untuk mendapatkan hasil maksimal, pembatik harus melewati beberapa langkah. Mulai dari Nyungging, Njaplak, Nglowong, Ngiseni, Nyolet, Mopok, Nembok, Ngelir, Nglorod, Ngrentesi, Nyumri dan Nglorod. Tidak heran, dari beberapa langkah tersebut, orang-orang lebih memilih kain batik yang telah jadi. Lebih cepat dan efisien tanpa proses lama.

Muslihudin, Seorang Pemuda Pondonongko sedang memproduksi kain batik. (Foto: istimewa)
Muslihudin, Seorang Pemuda Pondonongko sedang memproduksi kain batik. (Foto: istimewa)

Sekarang Batik tidak lagi identik dengan generasi tua dan formal, namun Batik menjadi pakaian yang flexibel, termasuk dikalangan anak-anak muda. Bisa dibuat menjadi pakain resmi, casual, jas dan lain sebagainya. Bahkan banyak Fashion yang dilakukan anak-anak muda, menjadikan batik sebagai bahannya.

Jika Anda tidak mau repot dan bingung, untuk mendapatkan karya batik yang murah terjangkau, serta kualitasnya bagus. Datang saja ke lokasi Produksi Batik Laras, dengan alamat tersebut di atas. Tersedia juga berbagai macam motif Batik Banyuwangi, seperti Gedhegan, Kopi Pecah, Blarak Sempal dan lain sebagainya.

(Penulis: Andi Sep Kurniawan, Desa Pondonongko, Kabat, Banyuwangi)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank

Kabar Terkait