oleh

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bawa Motor Ber-Wifi Keliling Bantu Anak Nelayan Belajar Daring

KabarBanyuwangi.co.id – Guna membantu siswa belajar via daring, Babinsa dan Bhabinkamtibmas kecamatan Muncar berkeliling mencari siswa dengan menggunakan motor yang dilengkapi Wifi, di Pantai Satelit, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Rabu (11/8/2020).

Setelah bertemu, proses belajar dilakukan di pinggir pantai dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan phsycal distancng atau jaga jarak antar siswa. Sebanyak depalan siswa belajar, dibantu dua petugas TNI/Polri, Bhabinkamtibmas Aiptu Suyono dan Babinsa Serka I Gede Sadru.

Baca Juga: Polresta Luncurkan Banyuwangi Tangguh, Untuk Mendukung Penanggulangan Pandemi

Baca Juga: Babinsa Tegaldlimo Sosialisasi Keliling Cegah Covid-19

Dengan sabar, kedua petugas garda terdepan pengamanan desa ini memberikan pemahaman tentang pelajaran bagi siswa.

“Ayo dibuka HP nya. Ini kita bawa modem dan Wifi gratis untuk semuanya. Pakai Wifi pak Polisi dan pak TNI saja ya. Kuota di hemat buat belajar di rumah sendiri,” ujar Bhabinkamtibmas Aiptu Suyono.

Menurut Aiptu Suyono, program Bhabinkamtibmas Tangguh peduli pendidikan ini dijalankan sesuai dengan arahan Kapolda, Jawa-Timur untuk membantu masyarakat, utamanya anak-anak yang mebutuhkan Wifi.

“Kami setiap hari berkeliling untuk mencari siswa yang belajar daring, sasarannya anak nelayan di sekitar pantai ini yang membutuhkan wifi. Karena sebagian ada yang terpaksa tidak bisa belajar nggak punya kuota,” ujar Aiptu Suyono.

Babinkamibmas sedang mengajari anak-anak cara membuka akses Wifi. (Foto: man)
Babinkamibmas sedang mengajari anak-anak cara membuka akses Wifi. (Foto: man)

Babinsa Serka I Gede Sadru menambahkan, kegiatan belajar daring terkadang terkendala sinyal. Sebab diwilayah Kecamatan Muncar, sebagian merupakan blank spot.

“Sinyal paling kuat disini. Anak nelayan ini memang banyak yang berada di bawah garis kemiskinan, nggak mampu untuk beli kuota,” tambah Serka I Gede Sadru.

Kapolsek Muncar Kompol Zainuri menuturkan, tidak hanya dengan menggunakan motor Wifi, di tengah pandemi Covid-19 ini pihaknya juga bekerjasama dengan provider lokal Internet untuk memfasilitasi kegiatan proses belajar daring bagi anak-anak yang kurang mampu.

“Ada provider lokal yang tergabung dalam komunitas internet Banyuwangi membantu kami untuk beberapa titik Wifi di Kecamatan Muncar. Tidak hanya anak nelayan saja yang kita bantu, tapi anak petani dan buruh pengalengan ikan juga kita bantu. Nanti Bhabinkamtibmas dan Babinsa berpatroli keliling,” kata Kapolsek Muncar, Kompol Zaenuri.

Anak-anak serius mendengarkan arahan dari Babinsa. (Foto: man)
Anak-anak serius mendengarkan arahan dari Babinsa. (Foto: man)

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Inovasi ini dalam rangka membantu proses pembelajaran siswa secara online, akibat penyebaran Covid-19 yang cukup masif.

Polresta Banyuwangi juga berinisiatif memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas menjadi Wifi berjalan, sehingga bisa dimanfaatkan siswa untuk menyokong proses pembelajaran online. Saat ini baru 12 motor Bhabinkamtibmas yang sudah dilengkapi fasilitas Wifi.

“Ini bentuk upaya dan kepedulian kita turut serta membantu dunia pendidikan di tengah pandemi. Bhabinkamtibmas bersama Babinsa adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu kita fasilitasi motor operasional Bhabinkamtibmas dengan seperangkat laptop lengkap dengan jaringan Wifi untuk membantu pembelajaran online bagi siswa. Ke depan, kita rencanakan di setiap Mapolsek, setidaknya ada 4 sampai 5 unit motor Bhabinkamtibmas yang dilengkapi fasilitas Wifi, untuk membantu dunia pendidikan,” pungkas Kapolresta. (man)

_blank

Kabar Terkait