oleh

Bupati Anas Klaim Satu Satunya Daerah Dengan Golden Share 10%

KabarBanyuwangi.co.id – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dengan bangga menyatakan bahwa Banyuwangi merupakan satu satunya daerah yang berhasil mendapatkan golden share sebesar 10 persen se Indonesia. Golden share didapatkan dari penambangan emas di tumpang pitu yang dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI).

Pernyataan tersebut disampaikan Anas saat membuka acara Halal Bihalal Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (ASKAB), di kawasan hutan wisata The Jawatan Benculuk, Senin, (22/6/2020).

“Bapak bisa cek, se Indonesia tidak ada satupun kabupaten ataupun wilayah yang mampu bernegosiasi dan mendapatkan Golden share sebesar 10 persen. Sumbawa barat hanya mendapatkan 7 persen dari 24 persen saham, silahkan bapak bapak bisa cek,” kata Anas dengan nada bangga.

Baca Juga: Persiapan New Normal, Bupati Anas Ajak Kepala Desa Kolaborasi

Baca Juga: Rencana Pemda Akan Megurangi ADD, ASKAB Kompak Menolak. Inilah Alasanya

Baca Juga: Papdesi Perjuangkan ADD, Pemkab Cari Solusi

Saat ini terang Anas, nilai saham pemkab Banyuwangi di PT BSI seharga sekitar 600 miliar. Rencananya, pemkab akan mencairkan saham. Sebagian dana pencairan saham itu akan di khususkan guna membangun fasilitas kesehatan berupa Puskesmas di wilayah ring satu pertambangan.

“kita akan bangun puskesmas istimewa di wilayah Sanggar dan Silir sebagai wilayah ring satu penopang pertambangan tumpang pitu,” tegas Anas.

Anas menambahkan, di daerah-daerah saat ini tidak bisa melakukan re negosiasi tentang saham. Sebab, pemerintah pusat telah menarik kewenangan Minerba ke pusat.  Adanya undang undang Minerba yang baru telah memangkas kewenangan pemerintah kabupaten kota bahkan provinsi.

“sehebat apapun bupati dan gubernur, sekarang tidak lagi memiliki kewenangan untuk pengelolaan minerba,”ketus Anas.

Anas berharap, seluruh elemen masyarakat bersatu bekerja keras demi kemajuan Banyuwangi. Anas berpesan, agar siapapun pemimpin Banyuwangi pasca dirinya agar tidak memecah birokrasi. (red)

_blank

Kabar Terkait