oleh

Diusung Demokrat dan PKB Sebagai Cabup Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko Dipecat dari PDIP

KabarBanyuwangi.co.id– Kepastian pemecatan Yusuf Widyatmoko sebagai Anggota PDI Perjuangan, disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, Made Cahyana Negara.

Menurut Made, DPP PDIP mempunyai kewenangan penuh terhadap mekanisme proses politik di daerah.

“Kewenangan kita sebagai kader di daerah hanya mengusulkan, DPP lah yang menentukan. Sebagai kader, kita harus tunduk terhadap keputusan DPP, Makanya Pak Yusuf dianggap tidak mentaati ketentuan partai, karena dicalonkan oleh partai lain,” kata Made, kepada wartawan usai mengikuti Rakercabsus PDI Perjuangan di hotel El-Royal Banyuwangi, Sabtu (29/8/2020)

Baca Juga: Pasangan Bacabup Banyuwangi, Mas Yusuf dan Gus Riza Dibaiat Kyai Sepuh PWNU Jawa Timur

Baca Juga: PKB Ikuti Demokrat Usung Yusuf Widyatmoko Maju Pilbup Banyuwangi 2020

Baca Juga: Partai Demokrat Resmi Usung Yusuf Widyatmoko Maju Pilbup Banyuwangi 2020

Made yang juga sebagai Ketua DPRD Banyuwangi ini menambahkan, akan percaya sepenuhnya terhadap keputusan partai, karena penuh dengan pertimbangan, sehingga mencalonkan Ipuk-Sugirah.

“Saya yakin, keputusan ini akan disambut gembira oleh kader-kader di bawah, PDIP itu terkenal sebagai partai yang mempunyai militasi tinggi. Mereka tetap tunduk atas keputusan DPP. Kalau tidak mendukung keputusan DPP atau berseberangan, tentu mekanisme serupa juga akan diberlakukan seperti Pak Yusuf,” tegas Made.

Pemecatan tersebut diberlakukan, sejak yang bersangkutan diusung oleh Partai lain. Sementara PDI Perjuangan sudah resmi mengusung Ipuk-Sugirah sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi periode 2020-2025. Namun Made tidak menyebutkan nomer surat pemecatan.

Bakal Calon Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko menerima rekomendasi dari PKS. (Foto: istimewa)
Bakal Calon Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko menerima rekomendasi dari PKS. (Foto: istimewa)

Sementara itu, menanggapi pemecetan tersebut, Yusuf Widyatmoko yang dihubungi wartawan melalui sambungan telepon mengaku pasrah. Mas Yusuf juga tidak akan melakukan langkah apapun, atas pemecatan itu.

“Ya gimana lagi, kalau partai sudah memutuskan begitu. Saya sebagai kader sejak lama digadang-gadang untuk mencalonkan dari pengurus di bawah, tetapi partai tidak mengusung saya, oleh karena itu pendukung saya mencarikan kendaraan dari partai lain. Saya juga menerima, agar tidak mengecewakan mereka yang sudah lama menghendaki saya,” ucap Yusuf.

Setetelah Partai Demokrat dan PKB, menyusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendukung Pasangan Mas Yusuf dan Gus Riza. Penyerahan Surat Rekomendasi tersebut disampaikan Pengurus DPW PKS Jawa Timur hari ini, Sabtu, (29/8/2020) di Surabaya.

“Ini saya di Surabaya sedang menerima langsung rekomensai tersebut. Insyallah dalam waktu dekat, Partai Golkar juga akan memberikan rekomendasi serupa,” pungkas Yusuf yang masih menjabat Wakil Bupati Banyuwangi tersebut. (sen)

_blank

Kabar Terkait