oleh

Dokumen Protokol Kesehatan Covid-19 Tidak Lengkap, Puluhan Penumpang KA Ditolak

KabarBanyuwangi.co.id – Jangan coba-coba mengabaikan persyaratan protokol kesehatan Covid-19 jika hendak melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api (KA). Menghadapi era new normal, atau tatanan kenormalan baru, PT KAI Daop 9 Jember memberlakukan protokol kesehatan secara ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dalam perjalanan KA.

Puluhan calon penumpang Kereta Api (KA) di beberapa stasiun di wilayah Daop 9 Jember ditolak untuk melakukan perjalanan ke beberapa jurusan. Sebab mereka tidak melengkapi diri dengan dokumen persyaratan kesehatan yang sudah ditentukan oleh pihak PT KAI untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dalam perjalanan KA.

Menurut Menejer Humas KAI Daop 9 Jember Mahendro, kebanyakan penumpang yang ditolak, tidak membawa hasil uji tes polymerase chain reaction (PCR) dengan hasil negatif berlaku selama 7 hari. Selain itu, calon penumpang juga tidak mampu menunjukan surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

“Beberapa penumpang dengan terpaksa tidak bisa kami layani, karena ada beberapa persyaratan dokumen kesehatan yang tidak dilengkapi oleh penumpang. Mereka juga tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas jika daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test,” ujar Manajer Humas KAI Daop 9 Jember, Mahendro, Sabtu (13/6/2020).

Baca Juga: Mulai 12 Juni, PT KAI Daop 9 Jember Kembali Operasikan 4 KA

Mahendro menambahkan, dari data PT KAI Daop 9 Jember, paling banyak penumpang yang tidak membawa dokumen adalah penumpang yang akan menggunakan KA Probowangi relasi Stasiun Ketapang-Stasiun Gubeng Surabaya. Total sebanyak 22 penumpang, dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi Jogjakarta sebanyak 10 penumpang.

“KA Probowangi ada 22 calon penumpang, dan KA Sritanjung ada 10 calon penumpang yang tidak bisa melengkapi dokumen kesehatan. KA Tawangalun 3 calon penumpang, KA Ranggajati 3 calon penumpang. Saat ini kita mengoperasikan sebanyak 4 perjalanan KA,” tambahnya.

Pihak PT KAI Daop 9 Jember mengimbau kepada para calon penumpang KA untuk menyiapkan dokumen kesehatan saat melakukan perjalanan. Calon penumpang KA juga diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. (man)

_blank

Kabar Terkait