oleh

Gus Riza Hadiri Ritual Sedekah Bumi Umat Hindu di Kecamatan Tegalsari

KabarBanyuwangi.co.id – Bertempat di tengah sawah, Umat Hindu Desa Karangmulyo, Kecamatan Tegalsari, menggelar acara sedekah bumi. Pada ritual tahunan itu, warga mengundang Gus Riza untuk memaparkan program-prorgam pasangan Mas Yusuf-Gus Riza dalam memimpin Banyuwangi 5 tahun ke depan.

Warga tidak menyangka, jika Gus Riza putra Kyai Hisyam Safaat, Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung ini berkenan hadir di acara umat Hindu. Bahkan tokoh ummat Hindu berharap kepada Pemerintah Banyuwangi, agar diperhatikan seperti umat Islam yang mempunyai Tempat Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ.

“Kami umat Hindu di sini, umumnya di Banyuwangi, sudah lama menginginkan punya sekolah Agama Hindu, seperti saudara-saudara umat Islam yang mempunyai TPQ. Harapanya kami, jika terpilih kelak, Mas Yusuf dan Gus Riza mau memperjuangkan keinginan warga Hindu tersebut,” ujar Sukaji, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) yang disambut tepuk tangan warga.
Baca Juga: Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Bikin Program Les Gratis hingga RT/RW
Baca Juga: KPU Banyuwangi Umumkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap
Baca Juga: Bawaslu Banyuwangi Kembali lakukan Rapid Test Massal, Jamin Jajaran Pengawas Pemilihan Aman Covid-19

Usai memaparkan program-program pasangan Mas Yusuf-Gus Riza, antara lain dengan konsep Mikul Duwur Mendem Jeru, Pasangan Mas Yusuf-Gus Riza akan mempertahankan prestasi dari kepemimpinan sebelumnya, bahkan ditingkatkan lagi. Namun tetap pembangunan tersebut harus membumi, atau dirasakan oleh rakyat Banyuwangi.

“Jangan sampai prestasi baik yang dikenal luas oleh orang luar, bahkan pemerintah pusat, tetapi dampaknya tidak dirasakan langsung oleh rakyat. Salah satu contoh dana pembagian saham dan CSR dari Tumpang Pitu, jumlahnya puluhan triliun, tetapi digunakan apa saja kita tidak tahu. Padahal apabila digunakan intervensi atas kesulitan pupuk yang dirasakan sekarang, seharusnya bisa,” tegas Gus Riza.

Gus Riza membaur dengan ummat Hindu, saat menikmati Nasi Ambeng. (Foto: Tim Yuriz)
Gus Riza membaur dengan umat Hindu, saat menikmati Nasi Ambeng. (Foto: Tim Yuriz)

Alumni S-2 salah satu Universitas di Yordania ini, langsung menanggapi serius keinginan umat Hindu Tegalsari untuk memiliki Sekolah Agama Hindu. Menantu KH. Nur Iskandar SQ ini, berjanji akan membentu tim khusus untuk berkomunikasi dengan warga.

“Doakan saya dan Mas Yusuf, agar bisa jadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi. Masalah sekolah agama Hindu akan diperhatikan, kalau tidak berupa bantuan tanah, mungkin bisa berupa gendung langsung. Nanti kita rumuskan sesuai perundang-undangan yang ada, yang jelas harus jadi dulu dan coblos nomer 1,” kata Gus Riza yang kemudian didaulat memimpin Yel-Yel kemenangan yang diikuti seluruh warga.

Sebelum meningalkan tempat acara, Gus Riza juga ikut makan bersama Nasi Ambeng di tengah sawah bersama warga. (sen)

_blank

Kabar Terkait