oleh

Gus Riza: Sebagai Pecinta Sepak Bola, Siap Memajukan Sepakbola dan Olahraga di Banyuwangi

KabarBanyuwangi.co.id – Sebagai pencita sepakbola, juga pernah menjadi pemain bola saat masih muda dengan posisi play maker, Gus Riza mengaku prihatin dengan prestasi Persewangi yang turun melorot ke Devisi-3 dari Devisi 2 tahun sebelumnya.

“Kalau mau berperan mengangkat sepakbola, harusnya Pemkab Banyuwangi bisa intervensi pendanaan saat posisi Persewangi ada di Devisi-3. Pendanaan tersebut hingga menjadikan Persewangi berprestasi, jika sudah beprestasi akan mudah mencari sponsor. Begitu juga Sekolah Sepak Bola (SSB), kalau diperhatikan serius hingga berprestasi, maka pendanaan selanjutkan bisa mengandalkan sponsor,” ungkap Gus Riza saat membuka kompetisi Sepekbola Usia 17 tahun memperebutkan Trofeo Cup di Jambewangi, Minggu (4/10/2020).

Kompetisi ini dalam rangka Ulang Tahun ke-5 Sekolah Sepak Bola (SSB) Golden Goal Dusun Panjen, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu. Kepada anak-anak muda pemain sepakbola, Gus Riza terus memompa semangatnya agar tetap berlatih keras hingga mengukir prestasi.

“Mas Yusuf sebagai Calon Bupati senang olahraga, saya sendiri suka sepakbola dan hingga sekarang masih mengikuti Liga sepakbola International, hingga Liga Nasional. Perhatian sepenuhnya dari pemerintah daerah, tentu akan sangat berpengaruh terhadap prestasi olahraga, khususnya sepakbola,” tegas penggemar Manchester United (MU) ini.

Baca Juga: Ipuk Fiestiandani Dihadiahi Batik Kuno dari Maestro Batik Banyuwangi

Baca Juga: Bawaslu Temukan Pelanggaran Kampanye Tanpa Kantongi STTP

Baca Juga: KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran KPPS, Inilah Syaratnya

Gus Riza bersama Mas Yusuf juga bertekad, menjadikan sepakbola bukan sebagai olahraga hoby. Namun ke depan, industri olahraga harus digalakkan supaya bisa berdampak dengan sektor lainnya. Selain itu, hasil kegiatan industri olahraga ini, bisa untuk membiayai sepkabola itu sendiri.

“Ke depannya, bukan Persewangi saja yang dibangun, namun industri pendukungnya juga harus dikembangkan. Mulai dari merchandise, kaos, sal, topi dan lain-lainya. UMKM kita bisa memproduksi semuanya, itu yang saya katakan multi player efek,” tambah Gus Riza yang sangat fasih berbicara sepkabola.

Bibit-bibit Muda pemain Sepakbola di Banyuwangi. (Foto: istimewa)
Bibit-bibit Muda pemain Sepakbola di Banyuwangi. (Foto: istimewa)

Sementara itu, Ketua SSB Golden Goal, Viki Rofi mengaku sepedapat dengan Gus Riza. Bahkan Viki berharap, kelas jika paslon Mas Yusuf – Gus Riza menang, harus memperhatikan saran dan prasarana olahraga, khususnya sepakbola. Juga diharapkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendatang, harus rajin turun ke desa-desa untuk melakukan seleksi pemain sepakbola.

“Mengingat selama 10 tahun terakhir, perkembangan sepakbola anak nyaris tanpa ada perhatian dari Pemkab Banyuwangi. Padahal jumlah SSB di Banyuwangi cukup banyak, tetapi mereka berlatih dengan kondisi lapangan yang tidak layak dibanding kondisi sekarang ini,” pungkas Viki. (sen)

_blank

Kabar Terkait