oleh

Hari Pertama Pendafataran Calon Bupati, KPU Banyuwangi Masih Sepi

KabarBanyuwangi.co.id -Hari pertama pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, tidak ada satu pun pasangan calon (paslon)  yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Bahkan hingga, Jumat  (4/92020) pukul :16.00 WIB yang merupakan batas akhir pendaftaran di hari pertama di KPU Banyuwangi masih sepi.

Hanya ada petugas pendaftaran dan aparat keamanan dari Polresta Banyuwangi yang berjaga di kantor KPU. Puluhan kursi dan meja yang disiapkan petugas untuk menyambut relawan dan simpatisan, juga terlihat kosong.

Anggota KPU Banyuwangi Ari Mustofa mengatakan, hingga penutupan pada hari pertama pendaftaran ini, masih belum ada pasangan calon bupati yang konfirmasi untuk mendaftar. Sesuai dengan tahapan Pilkada serentak 2020, KPU memberikan waktu 3 hari kepada para paslon bupati dan wakil bupati untuk mendaftar sebagai peserta pilkada 2020.

“Hari pertama ini sampai penutupan pukul :16.00 wib belum ada paslon yang mendaftar. Kita beri waktu 3 hari untuk mendaftar yaitu mulai tanggal 4 hingga 6 September 2020. Untuk hari terakhir sesuai dengan peraturan KPU  pendaftaran akan ditutup pukul :23.00 wib,”ujur Ari Mustofa.

Baca Juga: KPU Imbau Paslon dan Parpol Tak Bawa Massa Saat Mendaftar

Baca Juga: Banyuwangi Deklarasi Pilkada Aman, Damai dan Sejuk di Halaman Mapolresta

Baca Juga: KPU Simulasi Pencoblosan Pilbup 2020 Khusus Penyandang Dissabilitas

Ari menambahkan, pada hari pertama pendaftaran ini, hanya ada  sejumlah tim sukses dari paslon cabub yang akan maju datang ke KPU Banyuwangi, mereka berkonsultasi terkait syarat kelengkapan pendaftaran paslon yang mereka dukung. Namun untuk  kapan paslon mereka mendaftar ke KPU mereka tidak bisa memastikanya.

“Hari ini ada tim sukses dari paslon yang akan mendaftar ke sini (Kantor KPU). Tapi hanya sekedar berkonsultasi saja, mereka belum berani kapan pastinya paslon yang diusung mendaftar ke KPU. Ya kita tunggu saja sampai batas waktu yang sudah ditentukan. Kita sebagai penyelenggara pemilu akan melayani setiap paslon yang mendaftar pada waktu yang sudah ditentukan,” tambah Ari

Tenda dan kursi yang disiapkan KPU untuk para pendukung kedua paslon. (Foto: wan)
Tenda dan kursi yang disiapkan KPU untuk para pendukung kedua paslon. (Foto: wan)

Ari Mustofa menyarankan, kepada para pasangan calon bupati dan wakil bupati  Banyuwangi yang hendak mendaftar, agar tidak melakukan pendaftaran pada detik-detik akhir. Sebab jika ada berkas yang kurang, akan sulit memperbaikinya dengan waktu yang sangat mepet dengan batas akhir pendaftaran.

“Kami mengharapkan kepada para paslon untuk tidak mendaftar di waktu injuritime, nanti akan merepotkan mereka sendiri. Jika ada berkas pencalonan yang salah atau kurang, kan sulit memperbaikinya dengan waktu yang mepet. Jika itu terjadi kami sebagai penyelenggara tidak akan memberikan waktu toleransi. KPU akan menutup pendaftaran calon bupati dan wakil bupati  Banyuwangi pada pukul :23.00 wib tidak ada penambahan waktu maupun hari,”tegas Ari Mustofa

Hingga saat ini, pasangan Bakal calon Bupat dan Wakil bupati yang telah memenuhi syarat untuk melakukan pendaftaran sebagai calion Bupati dan Wakil Bupati ada dua nama. Mereka adalah, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah yang diusung oleh PDIP, Partai Nasdem, Gerindra, Hanura dan PPP.

Selain itu ada Paslon Yusuf Widiatmoko- Muhammad Riza  Azizy (Gus Riza) yang di usung oleh Partai Demokrat, PKB, PKS dan Partai Golkar serta sejumlah partai politik non parlemen. (wan)

_blank

Kabar Terkait