oleh

Hasan Basri Ditetapkan Sebagai Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB)

KabarBanyuwangi.co.id  – Pasca pengunduran diri dr. Taufiq Hidayat sebagai Ketua DKB (Dewan Kesenian Blambangan) periode 2018-2023, Dewan Pertimbangan DKB dan Pengurus DKB hari ini (Kamis, 24/9/2020) menggelar Musawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk menetapkan dan mengongkohkan Hasan Basri sebagai ketua DKB yang baru.

Pengunduran dr. Taufiq Hidayat sebagai Ketua DKB, dilakukan tanggal 04 September 2020, setelah ditunjuk menjadi Ketua Tim Sukses Pasangan Cabub-Cawabub Mas Yusuf-Gus Rizaq. Dalam surat pengunduran diri yang disamapikan kepada Dewan Pengarah dan Pengurus DKB, dr. Taufiq Hidayar yang juga mantan Direktur RSUD Genteng, menyatakan tidak ingin DKB terseret ke dunia Politik.

Oleh karena itu, dengan cepat mengajukan surat pengunduran diri meskipun KPUD Banyuwangi saat itu belum menetap pasangan Bupati-Wakil Bupati. Sebelumnya, Hasan Basri menjabat sebagai Wakil Ketua DKB. Saat pengunduran diri dr. Taufiq Hidayat sempat sebagai Plt Ketua DKB.

Baca Juga: Disbudpar Atur Jadwal Pentas Sanggar Tari, Janger dan Jaranan Selama Pandemi

Baca Juga: Seniman Apresiasi Langkah Banyuwangi Kembangkan Seni-Budaya Lokal

Baca Juga: Film “Yowis Ben-3” Pilih Banyuwangi Sebagai Lokasi Syuting

Namun hari ini resmi ditetapkan sebagai Ketua DKB definitif. Hasan Basri akan melanjutkan program kerja 3 tahun ke depan, hingga 2023 habisnya masa bakti kepengurusan. Guna mengisi kelengkapan kepengurusan, Hasan Basri menunjuk Tim formatur beranggotakan 5 orang, yaitu Sumitro Hadi, Nanik Asiani, Hasan Basri, Choliqul Ridha dan H. Bambang Lukito.

Atasnama pemerintah daerah, Kadisbudpar, MY. Branuda menyampaikan rasa bangganya kepada pengurus DKB, . Karena Pemkab tidak bisa berjalan sendiri dalam mengelola program kehidupan berkesenian.

“DKB punya peran penting, oleh karenanya Pemerintah berkewajiban mendampingi dan berjalan seiring dengan program program DKB,” ucap Bramuda saat membuka Musdalub DKB 2020.

Cicit Prabu Tawangalun itu berharap, agar program DKB bisa bersinergi dengan program-program Pemkab Banyuwangi.

Surat Pengunduran Diri dr. Taufiq Hidayat sebagai Ketua DKB.
Surat Pengunduran Diri dr. Taufiq Hidayat sebagai Ketua DKB.

Pimpinan sidang Bambang Lukito, menyampaikan bahwa peristiwa Musdalub 2020 ini persis seperti yang dialami saat peralihan kepengurusan Hasan Ali kepada H. Mughni Said.

“Tahun ini dr. Taufik mengafiliasikan diri ke dalam dunia politik. Maka beliau mengundurkan diri yang dikuatkan dengan surat pernyataan bermaterai, menunjuk Drs. Hasan Basri sebagai Plt. Ketua yang sebelumnya sebagai Ketua I DKB,” kata pensiunan guru itu.

Seniman gaek, Sumitro Hadi berpesan, agar kepengurusan yang baru tidak banyak ngomong, tapi harus banyak kerja sesuai dengan program yang disetujui bersama.

“Ojo sampek program hang wis apik, kesimpen thok ring jero selorogan. Megaweo, – Jangan sampai program yang sudah bagus, tersipan dil laci meja” tegas pemilik sanggar Jingga Putih Gladag Rogojampi itu.

(Penulis: Fauzi Abdullah, Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwista Kabupaten Banyuwangi)

_blank

Kabar Terkait