oleh

Ikawangi Balikpapan, Selalu Dilibatkan Dalam Kegiatan Sosial Bersama Ormas Lain

KabarBanyuwangi.co.id – Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah mendapat tempat tersendiri di Kota Minyak tersebut. Bahkan dalam beberapa kali kegiatan sosial, Ikawangi Balikpapan sering dilibatkan dan diajak kerjasama.

“Ketua Forum Paguyuban Se-Kota Balikpapan, Bapak Leo Sukoco, mengundang Ikawangi Balikpapan, bersama Polresta Balikpapan dan Kodim 0905 Balikpapan pada tanggal 10 September 2020, untuk melakukan rencana kegiatan bagi-bagi masker dan snack. Kegiatan sosial untuk warga Balikpapan di Simpang Tiga Balikpapan Plaza Kota Balikpapan Kaltim. Sasaran pengendara motor, sopir angkot dan warga pejalan kaki disekitar Plaza Balikpapan,” ujar Budi Sakti Purnomo, Ketua Ikawangi Balikpapan kepada kabarbanyuwangi.co.id, Minggu (27/9/2020) malam.

Baca Juga: Ruwatan Jaranan dan Barong Banyuwangian Berumur 25 Tahun di Kampar Riau

Baca Juga: Tanda Tangan Tinta Merah, Wujud Semangat ISG Pusat Besarkan Organisasi

Baca Juga: ISG OKU Bertekad Kembangkan Wisata Melalui Kesenian Banyuwangi

Sebanyak 3.500 masker dan 2.500 snack, dibagikan kepada masyarakat Balikpapan. Acara ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, sehingga tidak terjadi kerumunan dan tetap menjaga jarak.

“Ini masih pandemi Covid-19, sehingga jumlah anggota paguyuban yang terlibat dibatasi 6 orang dari anggota Ikawangi dan dari Paguyuban Lintas Etnis 63 orang,” kata pria asal Tegaldelimp yang merantau ke Balikpapan sejak tahun 2005 ini.

Bersama Aparat Keamanan setempat, Ikawangi Balikpapan terlibat aktif dalam kegiatan sosial. (Foto: stimewa)
Bersama Aparat Keamanan setempat, Ikawangi Balikpapan terlibat aktif dalam kegiatan sosial. (Foto: stimewa)

Budi yang pernah kuliah dan bekerja di Malang sejak tahun 1993-2004, menambahkan, jika Ikawangi Balikpapan selama tahun 2020 sudah banyak melakukan kerjasama dengan instansi pemerintahan dan swasta di Balikpapan. Kegiatan sosial itu berupa pembagian sembako bersama Polda Kalimantan Timur, kepada warga Banyuwangi yang terdampak Covid-19 pada bulan April 2020.

“Pada bulan Mei 2020, bekerjasama dengan PT. Kontak Perkasa Future, membagikan 100 paket sembako kepada warga Banyuwangi yang terdampak Covid-19. Bulan Agustus 2020, Ikawangi Balikpapan juga membagikan baju bekas layak pakai, perkakas rumah tangga dan 100 paket sembako kepada korban kabakaran di Kampung Semayang Balikpapan,” tambah suami Andi Agustina, perempuan keturunan Bugis kelahiran Kalimantan.

Ikawangi Balikpanan menyantu dengan ormas dan paguyuban lain dalam aksi sosial. (Foto: istimewa)
Ikawangi Balikpanan menyantu dengan ormas dan paguyuban lain dalam aksi sosial. (Foto: istimewa)

Bapak tiga anak ini, masing-masing, Ikhsandy Akmal Fahreza (19), Raihandy Rafael Fahreza (14), dan  Hafiyyan Ridhani Akbar (12), ini juga aktif dan responsif apabila mendengar kabar ada orang Banyuwangi yang bermasalah atau mengalami kesusahan.

“Ya kemarin lusa, kita juga urus warga Banyuwangi asal Pedotan yang ketumpahan minyak goreng panas saat bekerja. Kemudian hari berikutnya, ada warga Tamanagung, Banyuwangi yang meninggal dunia di Balikpanan. Almarhum tidak punya sanak-saudara di sini, maka semua yang mengurusi Ikawangi Balikpanan. Kita beri bantuan, meski almarhum bukan anggota Ikawangi,” pungkas Asisten Operasional Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT.Gardatama Nusantara Kalimantan ini. (sen)

_blank

Kabar Terkait