oleh

ISG Sumut, Merajut Silaturahmi Membangkitkan Kegiatan Roda Ekonomi

KabarBanyuwangi.co.id – Walau baru berumur 1.5 tahun berdirinya Ikawangi Sumatera Group (ISG) Provinsi Sumatera, namun geliatnya sangat dinamis dalam kancah merangkul dan membina seduluran bagi perantau Banyuwangi. Terutama mereka yang bermukim di kota Medan dan Kabupaten/Kota di Provinsi SUMUT.

Kehadiran ISG di tengah-tengah mereka, semakin terasa karena dalam kurun waktu yang telah berjalan selalu ada kegiatan menyambung silaturahim. Kepengurusan ISG Sumut yang diketuai Kang Meselan, ternyata mampu memberikan andil dalam upaya menjalin tali silaturahmi. Bentuk kegiatan untuk mewujudkan beberapa aksi nyata, sudah mereka lakukan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Riuhnya Suasana, Bila ISG Pelalawan Riau Bertemu Sesama Dulur Banyuwangi

Baca Juga: Tanda Tangan Tinta Merah, Wujud Semangat ISG Pusat Besarkan Organisasi

Salah satunya, melakukan aksi sosial pembagian sembako secara langsung kepada warga rantau asal Banyuwangi, terutama mereka yang terdampak kondisi ekonomi akibat wabah Covid-19. Bantuan tersebut sangat bermamfaat, karena hingga saat ini dampaknya masih belum berakhir.

Kegiatan silaturahmi bulanan, jumpa sedulur terus menerus dan konsisten diadakan di kota Medan serta beberapa Kabupaten/Kota. Cara ini akan semakin mendekatkan jarak dan memberikan ruang, untuk melakukan komunikasi juga koordinasi secara intents bagi para anggotanya.

Jajaran Pengurus ISG Provinsi Sumatera Utara, (Foto: istimewa)
Jajaran Pengurus ISG Provinsi Sumatera Utara, (Foto: istimewa)

Mereka bertemu bukan hanya untuk melepas rindu saja, namun pada kesempatan tersebut dijadikan sebagai ajang saling bertukar pikiran dan bertukar ide serta gagasan guna kemajuan perkumpulan ISG. Sesuai dari tujuan awal ISG, yaitu ikut meningkatkan taraf  Ekonomi, Sosial dan melestarikan Budaya asli Banyuwangi dengan memadukan kearifan lokal budaya yang ada di Sumut.

Baca Juga: ISG Sumatera Selatan Terbitkan E-Money dan Dibagikan Gratis ke Anggotanya

Bahasan tentang memajukan kehidupan roda ekonomi anggota ISG, juga menjadi topik hangat yang selalu diperbincangkan dalam setiap pertemuan. ISG sebagai wadah, diharapkan menjadi alat untuk mencapai tujuan dalam upaya menaikkan pendapatan ekonomi bagi anggotanya.

Ketua ISG prov Sumut dan Pengurus ISG Kab Simalungun. (Foto: istimewa)
Ketua ISG prov Sumut dan Pengurus ISG Kab Simalungun. (Foto: istimewa)

Terobosan bisa dilakukan, dengan saling bertukar pengalaman dalam menjalankan UMKM&bisnis sebagai upaya nyata menggerakkan roda ekonomi antar anggotanya. “Using mung gesah bloko, naming gesah hang ono isine” (Bukan hanya ngobrol biasa, tetapi ngobrol yang ada isinya (red) tukas kang Ketua.

Beberapa hari lalu, pengurus ISG Provinsi Sumut juga menyambangi sedulurnya yang ada Parapat Kabupaten Simalungun. Mereka sebagian bermukim di tepian danau Toba, dibina untuk maju bersama memajukan ISG. Langkah merapatkan barisan, agar mereka semakin kuat dalam eksistensi untuk ikut serta membangun dan memajukan negeri asal Sisingamangaraja ini.

Sambil berkelakar gaya anak Medan, “ISG ini bahh, bukan kaleng kaleng nyaa…..!! Ayok kellen maju, kita bina persaudaraan ini, agar Lare Using semakin solid d Medan ini.”

ISG Sumut kompak dan semangat Jenggirat Tangi seduluran saklawase”

memang luarr biasa..!

(Penulis: Heryy Susanto – Sekjen ISG Pusat)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank

Kabar Terkait