oleh

Kasus Positif Covid-19 Klaster Ponpes Bertambah Menjadi 82 Santri

KabarBanyuwangi.co.id – Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan penambahan jumlah santri yang terkonfirmasi Covid-19, Senin (24/8/2020) siang. Setelah sebelumnya 77 santri dinyatakan positif, kini tercatat ada 82 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lima santri tambahan yang terkonfirmasi merupakan kontak erat dari santri sebelumnya.

Hingga kini, ke-82 santri terkonfirmasi positif masih tetap menjalani isolasi mandiri di gedung karantina yang sudah disediakan ponpes. Karena kondisi pasien sehat atau dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, hingga saat ini Satgas Penanganan Covid-19 terus berupaya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh kontak erat santri yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca Juga: Klaster Baru Pesantren, Dinkes Perluas Penelusuran Kontak Pasien hingga Sterilisasi

Baca Juga: Duh!! Jumlah Pasien Covid-19 Kini 187 Orang, Diduga Klaster Baru dari Ponpes

Baca Juga: Pasien Covid-19 Positif 114, Telah Sembuh 77 Orang

Guna mendeteksi penyebaran Covid-19 di kawasan ponpes, santri-santri maupun keluarga santri yang bergejala dan sempat pulang ke rumah masing-masing masih terus diuji swab oleh tim medis di RSUD blambangan.

“Hari ini kami terus lakukan uji swab kepada kontak erat. Untuk yang di RSUD Blambangan, mereka adalah para santri maupun keluarga santri yang sebelumnya sempat pulang ke rumahnya. Mereka dijemput petugas kesehatan dari Puskesmas masing-masing kecamatan,” kata dr Widji Lestariono.

Para berjemur untuk tingkatkan imunitas. (Foto: man)
Para santri berjemur untuk tingkatkan imunitas. (Foto: man)

Selain melakukan pemeriksaan, tim medis dari RSUD Genteng juga terjun langsung ke kawasan ponpes untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada santri yang hingga kini masih menjalani karantina mandiri di kawasan ponpes. Para santri juga diajak berjemur di lapangan Ponpes hingga diajak untuk senam bersama agar imun mereka tetap terjaga.

“Kontak erat kami uji swab ke RSUD Blambangan karena tim medis dari RSUD Genteng semuanya ke ponpes untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengajak para santri senam agar imunnya tetap terjaga. Per hari ini ada tambahan lima santri terkonfirmasi, jadi total sementara untuk klaster santri Blokagung ada 82 santri yang terkonfirmasi Covid-19,” tambah dokter yang biasa dipanggil Rio ini.

Tim medis juga masih terus melakukan uji swab kepada kontak erat dari kalangan santri Ponpes maupun keluarga santri dari berbagai kecamatan. Sample uji swab lanjutan dari klaster ponpes terbesar di Banyuwangi ini nantinya akan dikirim ke Surabaya untuk mengetahui positif atau tidaknya mereka yang diperiksa. (man)

_blank

Kabar Terkait