oleh

Kedapatan Tidak Bermasker, Tim Gugus Tugas Hukum Warga dengan Push Up

KabarBanyuwangi.co.id – Kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 nampaknya masih sangat minim. Hal ini terbukti dari hasil patroli yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Dalam razia, banyak ditemukan warga tidak mengenakan masker saat berada di pusat-pusat keramaian. Oleh petugas, warga yang sedang beraktivitas di seputaran Ruang Terbuka Hijau (RTH) Gendoh ini langsung ditegur lantaran tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana anjuran pemerintah.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Sembuh Tambah 10 Orang, Positif 2

Baca Juga: Kawal Protokol Kesehatan, 217 Ribu Masker Kembali Dibagikan

Baca Juga: Meski Ekonomi Berat, Banyuwangi Tidak Kurangi Alokasi Dana Desa

Bagi warga yang tidak mengenakan masker langsung diberi masker gratis oleh tim gugus tugas agar selalu digunakan saat mereka beraktivitas di luar rumah.

“Lupa enggak pakai masker, saya kira kalau di lingkungan saya tidak perlu menggunakan masker. Iya, setelah ini nanti saya gunakan terus maskernya kalau di luar rumah,” ungkap Nunuk, salah satu pemilik warung yang kedapatan tak mengenakan masker.

Petugas Gugus Tugas Covid-19 memasang masker ke warga. (Foto: isimewa)
Petugas Gugus Tugas Covid-19 memasang masker ke warga. (Foto: isimewa)

Sementara itu, meski sudah diberi masker gratis, dua pemuda warga enggan menggunakan masker. Sebagai langkah tegas, tim gugus tugas langsung meminta dua pemuda yang tidak mengenakan masker saat berkendara untuk push-up sebanyak 20 kali sebelum mereka kembali ke rumahnya.

“Hukuman push up yang diberikan ini sebagai langkah efek jera agar supaya warga tetap disiplin mengenakan masker tanpa harus menunggu kedatangan petugas,” tegas dr Widji Lestariono, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, Jumat (17/7/2020).

Selama pandemi masih berlangsung, kebiasaan baru mustahil akan bisa berjalan maksimal jika masyarakatnya tidak menjalankan disiplin protokol kesehatan dengan baik. Untuk itu perlu adanya kesadaran masyarakat agar penularan Covid-19 bisa dicegah, salah satunya dengan mengenakan masker dimana pun mereka berada.

“Jumlah positif di Banyuwangi memang meningkat, tapi angkanya relatif kecil jika dibandingkan daerah lain. Masyarakat kini sudah bebas keluar rumah, tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kalau itu tidak dijalankan, maka mustahil covid bisa dicegah. Aktivitas tetap jalan,ekonomi tetap jalan, tapi masyarakat harus disiplin menerapkan kebiasaan baru,” pungkas Rio yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini. (man)

_blank

Kabar Terkait