oleh

Koramil Glenmore Tinjau Pembentukan Kampung Tangguh Cegah Covid-19

KabarBanyuwangi.co.id – Guna memantapkan pelaksanaan kampung tangguh dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, Komandan Koramil (Danramil) 0825/16 Glenmore, Kapten Inf Moch Ridho bersama Babinsa meninjau lokasi pembentukan kampung tangguh Covid-19 di desa Sepanjang Kecamatan Glenmore, Kamis (5/6/2020).

Selain para anggota Koramil, kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat sementara (Pjs) Camat Glenmore, Ir. Muji Purwanto, kepala Desa (Kades) Sepanjang, Rojikin, Kapolsek Glenmore AKP Basori Alwi, beserta Babinkamtibmas, dan intansi terkait desa Sepanjang.

Menurut Danramil Glenmore, Kapten Inf Moch Ridho, tujuan dari pelaksanaan ini untuk memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Glenmore. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan wilayah desa yang sehat, aman tertib rukun bebas dariaksi kriminal, dengan dilaksanakan ronda secara bergilir oleh warga desa sekitar.

“Kampung tangguh adalah sebuah kampung yang akan mewakili tingkat Provinsi dalam rangka melawan Covid. Kampung tangguh merupakan segala kebutuhan logistik berita keamanan dan sumber daya  masyarakat yang ada diwilayah tersebut harus betul-betul tersusun rapi dan mendukung kegiatan pemerintah dalam rangka menghadapi Covid-19 ini,” kata Kapten Inf Moch Ridho, Danramil 0825/16 Glenmore.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Camat Glenmore sangat mengapresiasi, dan mendukung kegiatan yang sangat positif ini. Sebab kegiatan kampung tangguh yang dilaksanakan di desa Sepanjang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan dari pemerintah pusat, bahwa desa Sepanjang ditunjuk sebagi kampung tangguh. Kami berharap kedepan agar desa bebas dari Covid-19 sesuai anjuran dari pemerintah pusat, yaitu menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ucap Ir. Muji Purwanto.

Ucapan yang sama juga disampikan oleh kepala desa Sepanjang. Dirinya sangat berterima kasih kepada anggota TNI Kodim 0825 Banyuwangi, khususnya Danramil Glenmore dan para Babinsa yang telah banyak mambantu desa dalam memutuskan penyebaran Covid-19.

“Terima kasih kami kepada TNI Kodim 0825 Banyuwangi, khususnya Koramil. Karena pak Babinsa kita ini sangat peduli pada warga kita. Beliau rela masuk ke kampung-kampung paling pelosok yang akses jalannya sangat terjal untuk meberikan sosialisasi bahaya virus corona. Beliau ini senantiasa memberikan imbauan kepada masyarakat yang belum mengerti akan bahaya virus Corona” ucap kepala desa Sepanjang, Rojikin dengan bangga.

Kampung tangguh merupakan program tingkat paling bawah dalam mencegah penyebaran Covid-19. RT dan RW bersama masyarakat berperan aktif ikut serta dalam percepatan penanganan Covid-19. Karena masyarakat memiliki kepampuan sikap disiplin dan mandiri dalam menyelesaikan permasalahan di wilayahnya.

Diharapkan langkah ini mumpu memutus penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini belum sepenuhnya bisa ditanggulangi.

Berikut Poin Posko Kampung Tangguh yang di bentuk yaitu : Posko Cek Point, Posko Tangguh Kesehatan, Posko Pol Tangguh Psikologi, Posko Tangguh Sumber Daya Manusia ( SDM), Posko Tangguh Ketertiban dan Keamanan, Posko Tangguh Budaya, Posko Tangguh Informasi, Posko Tangguh Religius, Posko Tangguh Problem Solving, Posko Tangguh Transportasi. (red)

_blank

Kabar Terkait