oleh

Lapas Kelas II A Banyuwangi Gelar Simulasi Pelayanan Kunjungan Protap Covid-19 

KabarBanyuwangi.co.id – Jelang dibukanya pelayanan kunjungan besuk bagi keluarga tahanan maupun narapida, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Banyuwangi melakukan simulasi pelayanan kunjungan saat pandemi Covid 19. Selain itu, protap antisipasi penularan Covid-19 juga dilakukan, bagi para pembesuk sebelum masuk ke ruang kunjungan Lapas.

Dalam simulasi ini, sebelum mendaftar pengunjungi wajib mencuci tangan ditempat yang sudah disiapkan di luar gedung Lapas. Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh pengunjung tanpa terkecuali termasuk petugas Lapas.

“Kita melakukan simulasi pelayanan kunjungan di Lapas Banyuwangi. Protap Covid-19 akan kita berlakukan. Pembukaan pelayanan kunjungan warga binaan tinggal nunggu instruksi dari Kemenkum HAM,” ujar Kalapas Kelas II A Banyuwangi, Ketut Akbar Heri Achjar, Senin (15/6/2020).

Kalapas menambahkan, selain pemeriksaan tubuh, para pengunjung yang akan masuk gedung Lapas wajib melewati bilik penyemprotan cairan desinfektan. Saat berada di luar maupun di dalam Lapas, pengunjung juga wajib mengenakan masker, dan tidak diperkenan kontak langsung dengan warga binaan.

Baca Juga: Simulasi New Normal Destinasi, Mulai Kawah Ijen sampai Hutan Alas Purwo

Agar tidak berdesakan saat menunggu antrian masuk Lapas, pengunjung disiapkan kursi yang sudah diberi tanda jaga jarak aman untuk physical distancing. Selain itu jumlah pengunjung juga dibatasi.

“Jadi semua pengunjung tanpa terkecuai petugas Lapas sekalipun wajib diperiksa kesehatannya, suhu tubuhnya, dan lewat bilik penyemprotan. Kita juga sediakan tempat yang berbatasan antara pengunjung, dan warga binaan. Jumlah pengunjung kita batasi. Biasanya pengunjung sekitar 500 orang perhari dibatasi hanya 200 pengunjung setiap waktu besuk. Jadi mohon maaf jika ada pembatasan ini. Kita wajib saling menjaga kesehatan warga binaan di Lapas ini,” tegas Kalapas.

Sementara itu, penerapan protap antisipasi penularan Covid-19 di Lapas Kelas II A Banyuwangi juga diiringi perubahan, dan perbaikan sejumlah ruangan di gedung Lapas. Diantaranya ruang tunggu kunjungan baru dengan menerapkan physical distancing, smoking area, ruang laktasi, dan Kids corner.

“Untuk ruang laktasi, dan Kids Corner sementara tidak kita fungsikan dulu, untuk menjaga kesehatan adanya larangan anak masuk ke Lapas untuk antisipasi penularan Covid. Kita juga tambah ruang isolasi untuk pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat,”pungkasnya. (man)

_blank

Kabar Terkait