oleh

Massa Tolak UU Omnibus Law Diwarnai Aksi Bakar Ban dan Pasang Poster Tanah Dijual

KabarBanyuwangi.co.id – Aksi penolakan terhadap disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law terjadi di Kabupaten Banyuwangi. Ribuan massa yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, hingga buruh berdatangan dan berkumpul di depan gedung DPRD Banyuwangi sekitar pukul 10:00 WIB untuk melakukan unjuk rasa, Senin (12/10/2020).

Massa yang melakukan orasi hampir semuanya mengenakan pakaian serba hitam. Mereka membawa poster-poster berisi penolakan terhadap Undang-Undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan pada 5 Oktober 2020 kemarin.

Tak hanya itu, pengunjuk rasa melakukan aksi bakar ban bekas di depan kantor DPRD, sebagai bentuk kekecewaanya. Para pengunjuk rasa juga memasang poster bertuliskan “DIJUAL TANAH SHM, LT. 10.000M2” di papan nama gedung DPRD Banyuwangi. Bahkan pengunjuk rasa juga sempat melempari petugas dengan botol air mineral, plastik kemasan, dan barang lainnya.

“Tolong kawan-kawan, jangan teprovokasi, tetap tanang, kita satu komando,” ucap salah seorang pengunjuk rasa melalui pengeras suara.

Baca Juga: Video Ajakan Pelajar Agar Tidak Ikut Aksi Demo Tolak Omnibus Law di Banyuwangi Viral

Baca Juga: Beredar Poster Ajakan Pelajar STM Demo Tolak Omnibus Law, Polisi Turun Tangan

Baca Juga: Aksi Demo PMII Tuntut Pemerintah Buka-Bukaan Dana Covid-19

Namun, aksi lemparan botol air mieral oleh para pengunjuk rasa mulai berangsur kondusif saat sejumlah anggota dewan menemui mereka. Sontak, para demonstran langsung memberikan tepuk tangan kepada anggota dewan yang mendatangi.

“Kita akan meneruskan dan melanjutkan aspirasi kawan-kawan yang melakukan aksi kepada pemerintah pusat,” kata Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara kepada wartawan usai menemui demonstran.

Pengunjuk rasa memasang poster tanah dijual di papan nama gedung DPRD Banyuwangi. (Foto: fat)
Pengunjuk rasa memasang poster tanah dijual di papan nama gedung DPRD Banyuwangi. (Foto: fat)

Setelah puas bertemu dan menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan, massa mulai membubarkan diri dengan tertib sekitar pukul 13:30 WIB.

Bahkan sebelum meningalkan Gedung Dewan, para pengunjuk rasa menyempatkan diri untuk foto bersama dengan Kapolresta Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, dan Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto yang saat itu sedang memantau langsung jalannya aksi demo. (fat)

_blank

Kabar Terkait