oleh

Mozes Misdi: Bupati Banyuwangi yang Baru Diharapkan Peduli Nasib Pelukis

KabarBanyuwangi.co.id –  Sebentar lagi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memilih Bupati dan Wakilnya untuk memimpin Kabupaten Banyuwangi lima tahun kedepan akan berlangsung. Pada pelaksanaan Pilkada Banyuwangi 2020 kali ini diikuti oleh 2 (dua) kandidat yang tentunya membuat perpolitikan di Bumi Blambangan ini akan menjadi hangat.

Setelah ditetapkan sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Calon Bupati (Cawabup) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, dua kandidat bersama tim sukses masing-masing saat ini mulai berlomba-lomba mencari dukungan pemilih.

Baik dari unsur tokoh politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, komuntas, organisasi maupun lembaga keagamaan, pemilih pemula (mahasiswa dan pelajar), kelompok dan golongan, budayawan serta artis/seniman termasuk seniman perupa (pelukis). Gelaran Pilkada Banywangi 2020 ini tentunya diharapkan berjalan secara bersih, damai, jujur, adil dan tentunya berkualitas hingga dapat menghasilkan perubahan di berbagai segi kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

Seperti yang diharapan oleh sejumlah pelukis di Banyuwangi. Mereka berharap sosok pemimpin yang akan datang peduli terhadap nasib para perupa, dan mampu mewujudkan mimpinya yaitu memiliki gedung pamer dan museum lukisan. Hal tersebut diungkapkan oleh perupa Banyuwangi, saat melakukan kegiatan on the spot melukis ‘Lencir Kuning II’ di Langgar Art, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga: Pelukis Banyuwangi, Sosialisasi New Normal dan Peduli Dampak Covid-19

Baca Juga: Antusiasme Masyarakat Tinggi, Pameran Kepurbakalaan Diperpanjang

Baca Juga: Pelukis S Yadi K: “Gandrung Poniti itu Penguasa Panggung Pertunjukan dan Kehidupan”

Mozes Misdi, salah seorang pelukis legendaris Banyuwangi menuturkan, selama kepemimpinan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, pelukis Banyuwangi selalu dimanjakan dengan agenda rutin tahunan pameran lukisan. Selain itu, hubungan kolektor dan para pelukis juga terjaga dengan baik.

“Sosok yang kita inginkan seperti Bupati Anas. Beliau bisa menjembatani antara kolektor dan pelukis. Event tahunan berjalan jadi ajang pengembangan SDM dan kegiatan rutin yang selalu ditunggu oleh perupa Banyuwangi. Pengganti Bupati Anas diharapkan mampu melanjutkan kiprah membangun SDM perupa Banyuwangi terus berlanjut, dan selalu memperjuangkan nasib perupa Banyuwangi,” tutur pelukis sepuh yang masih aktif melukis.

Harapan serupa juga dilontarkan oleh salah seorang pelukis muda yang tergabung dengan Forum Perupa Banyuwangi (FPB) Windu Pamor. Selain pembangunan SDM, perupa Banyuwangi juga membutuhkan gedung pamer dan museum lukisan.

“Harapan kami terhadap Bupati terpilih nanti bisa mewujudkan impian dari para perupa Banyuwangi. Agar kolektor tidak hanya melihat dari katalog, tapi melihat langsung fisik lukisan. Apalagi Banyuwangi yang maju sektor pariwisatanya membuat banyak orang yang berkunjung, tidak hanya melihat wisata yang indah, tapi melihat lukisan kita yang tentunya indah,” harap Windu Pamor.

Para perupa saat melakukan kegiatan on the spot melukis 'Lencir Kuning II' di Langgar Art, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi. (Foto: man)
Para perupa saat melakukan kegiatan on the spot melukis ‘Lencir Kuning II’ di Langgar Art, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi. (Foto: man)

Ditambahkan oleh N. Kojin, perupa Banyuwangi, saat ini berjuang ditengah pandemi. Berbagai upaya dilakukan, termasuk membantu pelukis yang berimbas ditengah pandemi. Salah satunya dengan cara menggelar penjualan lukisan secara online. Selain itu, kegiatan lelang pun juga dilakukan untuk membantu Perupa terdampak Covid-19.

“Terus kita lakukan inovasi dengan jualan online dan lelang. Kami harap pemimpin kedepan memiliki kepedulian terhadap perupa Banyuwangi,” papar Kojin.

Dalam event yang digelar sehari di Sanggar Langgar Art milik Imam Mahsun, pengusaha sukses yang sekaligus seniman muda tersebut, juga dihadiri pelaku wisata dari beberapa hotel di Banyuwangi. Mereka juga siap untuk membantu para seniman Banyuwangi dalam bentuk pameran yang bakal di gelar di hotel-hotel ternama. (man)

_blank

Kabar Terkait