oleh

PDI-P Banyuwangi Proses Pengunduran Diri Sugirah, Siapa Penggantinya

KabarBanyuwangi.co.id –  Salah seorang anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDI-P, H. Sugirah telah mengajukan pengunduran diri pasca dirinya mendapat rekomendasi untuk maju sebagai Calon Wakil Bupati Banyuwangi mendampingi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PDI-P Banyuwangi, I Made Cahyana Negara. Sugirah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Kehormatan Dewan itu sudah mengajukan pengunduran diri sebagai salah satu syarat pencalonannya sebagaimana diatur dalam UU No. 10 Tahun 2016.

“Pak Sugirah sudah mengajukan pengunduran diri kepada DPC sebagai salah satu persyaratan pencalonannya,” kata Ketua DPC PDI-Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, Selasa (8/9/2020).

Menurut Made, surat pengunduran diri Sugirah saat ini masih diproses oleh DPC. Sebab, hal tersebut juga berkaitan dengan siapa yang menggantikan posisinya di kursi parlemen.

“Saat ini masih kita proses. Ini kita rapatkan dulu di DPC untuk selanjutnya diajukan ke DPP,” ujarnya.

Baca Juga: Tes Kesehatan Pasangan Ipuk-Sugirah Berjalan Lancar, Doakan Warga Banyuwangi Sehat

Baca Juga: Personel Polresta Banyuwangi Latihan Sispamkota Evakuasi Korban Terpapar Covid-19

Mengacu pada perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019, PDI-P berhasil memperoleh tiga kursi di Dapil Banyuwangi 4. Kursi pertama diraih Patemo dengan perolehan 12.071 suara, kursi kedua ditempati Sugirah yang mendapatkan 5.946 suara, dan kursi ketiga diraih Yayuk Banar Sri Pangayom yang meraih 4.527 suara.

Ketika Sugirah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Banyuwangi, maka kursi yang ditinggalkan akan diisi oleh caleg PDI-P dengan perolehan suara terbesar ke empat. Yakni Andik Santoso dengan perolehan sebanyak 4.450 suara.

Baca Juga: Persiapan Tes Kesehatan, Pasangan Mas Yusuf dan Gus Riza Jalani Swab

Hanya saja, saat ini Andik sudah menjabat sebagai Kepala Desa Bangorejo, sehingga dapat dipastikan yang bersangkutan tidak bisa menduduki kursi yang sebelumnya diisi oleh Sugirah.

“Pak Andik sekarang sudah jadi kepala Desa. Sebelum mendaftar sebagai Kepala Desa kan mengundurkan diri sebagai anggota partai,” ungkap Made yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Banyuwangi.

Dengan demikian, yang berpeluang besar menggantikan Sugirah di DPRD Banyuwangi ialah caleg PDI-P dengan perolehan suara terbesar kelima. Yakni, Eko Hariyono yang memperoleh dukungan sebesar 3.825 suara saat Pileg Tahun 2019 lalu.

“Ini masih kita godok, dan selanjutnya akan kita ajukan ke DPP. Barulah setelah itu kita akan mengajukan PAW kepada KPU. Selambat-lambatnya 5 hari setelah penetapan pasangan calon,” pungkas Made. (fat)

_blank