oleh

Pengumuman Penetapan Calon Bupati, KPU Banyuwangi Pilih Gunakan Website

KabarBanyuwangi.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, memilih menggunakan website resminya  untuk mengumumkan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak 2020 ini.

Menurut keterangan Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini, pengumuman penetapan Paslon tersebut akan dilakukan pada hari Rabu besok 23 September 2020. Kondisi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya pengerahan massa dari kedua pasangan calon datang ke kantor KPU.

“Pengumuman penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati kita putuskan dilakukan melalui web resmi kami. Hal itu untuk mengantisipasi adanya pengerahan masa pendukung ke KPU. Sehingga masing- masing paslon bisa mengetahui hasil penentapanya tinggal buka web KPU saja, tidak perlu datang ke kantor KPU,” kata Dwi Anggraeni Selasa (22/9/2020).

Dwi Anggraini menambahkan, KPU Banyuwangi, juga tidak mengundang paslon dan partai pengusung serta pendukung dalam penentapan paslon bupati ini. Hal itu sesuai dengan peraturan KPU tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di masa pandemi Covid-19, sekaligus mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona.

“Kami memang sengaja tidak mengundang paslon dan partai pendukung maupun pengusung dalam penentapan paslon bupati ini. Karena kita khawatirkan jika dalam penetapan paslon mengundang  yang bersangkutan akan ada kerumuman massa dari masing- masing pendukung,” tambah Dwi Angreaini

Baca Juga: Jelang Penetapan dan Pegundian Nomer Urut Paslon, Bawaslu Banyuwangi Lakukan Upaya Pecegahan

Baca Juga: KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada Serentak, Kesehatan Masyarakat Jadi Prioritas

Baca Juga: Tahapan dan Pengamanan Pilkada Banyuwangi 2020 Wajib Terapkan Protokol Covid-19

Ketua KPU Banyuwangi melanjutkan, masing- masing Paslon dan seluruh partai politik baru akan diundang untuk menghadiri acara pengundian nomor urut pasangan calon bupati, yang rencananya akan dilaksanakan sehari setelah pengumuman penentapan pasangan calon bupati, yaitu pada tanggal 24 September 2020 besok.

“Masing- masing paslon dan partai politik baru akan kita undang dalam proses acara pengundian nomor urut Paslon. Rencananya pengundian nomor urut akan kita lakukan di Hotel Ketapang Indah yang memiliki ruangan semi outdoor, sehingga aman,” lanjut Dwi Anggraini.

Semenara itu, meski akan mengudang paslon dan partai politik, namun  yang diperbolehkan masuk dalam ruangan tempat pengundian nomor urut dibatasi sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Yang kita perbolehkan masuk dalam ruangan dalam pengundian nomor urut nantinya hanya masing- masing paslon. Dua tim pemenangan, ketua dan sekertaris masing-masing partai politik serta sejumlah undangan yang sudah ditentukan. Sedangkan masa pendukung jika hadir mohon maaf silahkan ditunggu diluar,” tegas Dwi Anggraeni. (wan)

_blank

Kabar Terkait