oleh

Perahu Terbalik di Selat Bali, Dua Pemancing Diselamatkan Kru Kapal Feri

KabarBanyuwangi.co.id – Insiden kecelakaan laut terjadi di perairan selat Bali, tepatnya di sekitaran perairan Watudodol, Batu Licin, Banyuwangi. Sebuah perahu yang sedang mencari ikan dengan cara memancing di tengah laut, diterjang gelombang tinggi, Kamis (2/7/2020).

Akibat peristiwa tersebut, satu perahu yang ditumpangi dua pemancing terbalik. Beruntung, dua pemancing yang terombang ambing di tengah laut berhasil dievakuasi oleh kru kapal feri yang sedang melintas di perairan selat Bali.

Menurut keterangan Kasat Pol Air Polresta Banyuwangi, AKP Sudarsono, peristiwa bermula saat perahu yang ditumpangi Slamet Sajidi, (54), warga RT 04, Kecamatan Glagah, bersama Selamet (74), warga Jalan Kalimas, Banyuwangi ini sedang memancing ikan di tengah laut.

Tiba-tiba, gelombang laut tinggi menghantam perahu hingga mengakibatkan perahu katiran terbalik. Beruntung, meski terbalik, perahu tidak sampai tenggelam. Kedua nelayan yang sama-sama bernama Slamet, mencoba menyelematkan diri dengan menaiki perahu yang dalam posisi terbalik menunggu pertolongan.

Saat kedua pemancing terkatung-katung di tengah laut, ABK kapal Feri Pelangi yang sedang berlayar mengantar penumpang ke Pulau Bali melihat keberadaan dua nelayan ini minta pertolongan. Oleh ABK keduanya dievakuasi ke kapal feri untuk diselamatkan.

“Iya benar diselamatkan kapal feri yang melintas sekitar pukul 16.00. Melihat ada nelayan minta tolong, pihak kru kapal langsung membuka ramdor kapal, dan menyelamatkan kedua pemancing,” kata AKP Sudarsono.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Pulau Merah Ditemukan Tewas di Pantai Mustika

Baca Juga: empat Terkendala Cuaca, Pencarian Korban Hilang di Pulau Merah Dilanjutkan Hari ini

Baca Juga: Dua Wisatawan Tenggelam di Pulau Merah, Satu Tewas, Satu Belum Ditemukan

Dalam video amatir yang sempat direkam oleh kru kapal feri, proses evakuasi dua pemancing ini berlangsung dramatis. Pihak kru kapal yang mencoba mendekat, langsung melemparkan pelampung ke arah kedua pemancing yang berulang kali meminta pertolongan.

Dua pemancing di selamatkan kru kapal feri. (Foto: istimewa)
Dua pemancing diselamatkan kru kapal feri. (Foto: istimewa)

Setelah berhasil menggapai pelampung, oleh kru kapal, kedua pemancing naas ini langsung ditarik dengan tali menuju kapal feri.

“Jadi dua pemancng ini terkatung-katung di atas perahunya yang terbalik selama kurang lebih 3 jam. Alhamdulillah berhasil diketahui oleh kru kapal. Dan keduanya dilaporkan dalam keadaan selamat dan sehat, langsung dievakuasi ke Gilimanuk kemudian naik kapal kembali ke Ketapang,” tambah Sudarsono.

Sementara, meski tidak ada korban jiwa, insiden kecelakaan laut ini membuat perahu yang mereka tumpangi hanyut terbawa derasnya arus perairan selat Bali. Hanya saja, uang milik dua pemancing senilai Rp 3 juta ikut hanyut ke laut saat perahu mereka terbalik.

“Rezeki bisa dicari lagi. Yang penting nyawa dua nelayan ini bisa selamat. Kami imbau kepada seluruh nelayan atau pemancing di perairan yang ada di Banyuwangi untuk waspada, ombak sedang tidak bersahabat. Sediakan pelampung kalau sedang melaut,” imbuh mantan Kapolsek Kalipuro ini. (man)

_blank

Kabar Terkait