oleh

Pilkada Banyuwangi, KPU Resmi Tetapkan 2 Pasangan Calon

KabarBanyuwangi.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, resmi menetapkan dua pasangan bakal calon menjadi pasangan calon bupati (Bacabup) dan wakil bupati , dalam pilkada serentak 2020.  Dua pasangan calon yang ditetapkan adalah, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah dan Yusuf Widyatmoko- Muhammad Riza Aziziy (Gus Riza), Rabu (23/9/2020).

“Setelah melalui tahapan penerimaan dan verifikasi berkas syarat pencalonan dan syarat calon Komisi Pemili Umum Kabupaten Banyuwangi menyatakan 2 bakal calon atas nama Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan H. Sugirah, S.Pd., M.Si dan bakal pasangan calon atas nama H. Yusuf Widiatmoko, S.Sos dan KH. Muhammad Riza Aziziy, M.IEB telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon,” ujur Ketua KPU Banyuwangi Dwi Angreini saat menggelar konfrensi pers penentapan paslon di Kantor KPU Banyuwangi.

Penentapan 2 pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi itu tertuang dalam surat keputusan KPU  Kabupaten Banyuwangi nomor 362/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020 untuk penetapan  paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – Sugirah.

“Sedangkan untuk paslon Yusuf Widiatmoko – Muhammad Riza Azizy (Gus Riza) tertuang dalam  surat keputusan KPU Banyuwangi nomor 363/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020,” Tambah Dwi Angraeni.

Baca Juga: Pengumuman Penetapan Calon Bupati, KPU Banyuwangi Pilih Gunakan Website

Baca Juga: Jelang Penetapan dan Pegundian Nomer Urut Paslon, Bawaslu Banyuwangi Lakukan Upaya Pecegahan

Baca Juga: KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada Serentak, Kesehatan Masyarakat Jadi Prioritas

Setelah penetaban pasangan calon bupati dan wakil Bupati Banyuwangi ini, untuk tahapan selanjutnya yaitu, pengundian nomor urut paslon, yang rencanaya akan dilaksanakan pada hari Kamis besok 24 September 2020 di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi. Sedangan untuk pengundian nomor urut, KPU hanya mengudang paslon dan perwakilan partai politik.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan KPU pada musim pandemi Covid-19 ini, pada saat pengundian nomor urut pasangan calon, peserta yang mengikutinya terbatas. Kita hanya mengundang  pasangan  calon yang telah ditetapkan, perwakilan tim pemenangan dan perwakilan seluruh partai politik di Banyuwangi,” tegas Dwi

Pembatasan undangan dalam pelaksanaan undian nomor urut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumuman masa. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kami mengharap kesadaranya kepada para pendukung ke dua paslon jika dalam pengundian nomor urut calon ini yang diundang terbatas. Ini demi keselamatan kita bersama, sehingga tahapan Pilkada ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (wan)

_blank

Kabar Terkait