Penghormatan Terakhir KRI Nanggala-402 Akan Digelar Tabur Bunga

KabarBanyuwangi.co.id - Persiapan menjelang acara Tabur Bunga di Pelabuhan Tanjungwangi, mulai digelar sejak, Kamis (29/4/2021) pagi.


Sejumlah Prajurit TNI bersenjata lengkap, terlihat bersiaga menuju Kapal Perang KRI Dokter Soeharso yang sudah lama sandar di Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi.

Persiapan ini dilakukan untuk menyambut kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjajanto, bersama rombongan keluarga Anak Buah Kapal Selam Nanggala-402 yang juga dilibatkan langsung dalam acara tersebut.

Tabur Bunga dilakukan, untuk menghormati para prajurit TNI dan ABK yang gugur dalam latihan peluncuran Torpedo di utara Perairan Bali.

Rencananya, penghormatan terakhir kepada 53 awak kapal selam Nanggala-402 yang gugur ini, akan dilakukan pada hari, Jumat (30/4/2021) besok di atas KRI Dokter Soeharso.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II, Kolonel (P) Akhmad Alif Saifuddin Z membenarkan, jika acara tabur bunga akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Benar tabur bunga dijadwalkan pukul 08.00 Jumat pagi.  Akan dihadiri Panglima TNI bersama keluarga dari KRI Nanggala 402 yang gugur. Tabur bunga dilakukan di atas KRI Soeharso,” ujarnya kepada awak media, Kamis (29/4/2021) siang.

Selama agenda Tabur Bunga nanti, teriminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Wangi disiapkan sebagai ruang tunggu bagi keluarga awak kapal. Sejumlah KRI lain juga masih disiagakan, untuk ikut dalam agenda Tabur Bunga. (man)