oleh

Pura-Pura Beli Motor, Pria Bertato Ini Malah Bawa Kabur Motor Penjual

KabarBanyuwangi.co.id – Seorang pencuri sepeda motor yang beraksi di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrm) Polisi Sektor Kota (Polsekta) setempat. Pelaku berinisial M (40) warga Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi ini ditangkap di tempat persembunyiannya.

Dihadapan awak media dan polisi, dalam menjalankan aksinya pelaku mengaku mulanya membuat janji bertemu dengan salah seorang korban, warga Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi, yang merupakan pemilik motor Honda CB 150 Versa warna hitam nopol P 5199 YZ.

“Awalnya saya menawar motor melalui telepon. terus ketemuan di rumah penjual.  Setelah ketemu, saya ajak ngobrol untuk memastikan kendaraan yang akan dijual. Saya meminta STNK dan BPKB untuk saya cek. Terus saya coba kendaraan di jalan,” kata pelaku.

Baca Juga: Usai Melakukan Enak-Enak Dengan Wanita Bokingan, Pelaku Embat Handphone

Baca Juga: Duh, Bocah 7 Tahun Diduga Dicabuli Pemuda dengan Iming-Iming Bakso

Baca Juga: Pria Beristri 3 Jadi Tersangka Dugaan Pernikahan Dini Anak 12 Tahun

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, modus yang dijalankan pelaku adalah pura-pura menawar sepeda motor milik korban. Sebelum harga jadi, pelaku meminjam sepeda motor alasannya untuk test drive. Setelah dicoba, sepeda motor milik korban bukanya dikembalikan, tetapi malah di bawa kabur.

“Jadi modusnya pelaku melihat sepeda motor dijual melalui media sosial. Kemudian pelaku menghubungi pemilik motor dan mendatangi rumahnya. Tiba di rumah korban, pelaku pura-pura nawar motor. Sebelum harga jadi, pelaku minta test drive kendaraan yang akan dibeli itu, tapi motor malah dibawa kabur,” ungkap Kombes Pol Arman Asmara Syaifudin saat menggelar pers rilis di Mapolresta Banyuwangi, Rabu (26/8/2020).

Pelaku pencurian sepeda motor modus test drive. (Foto: fat)
Pelaku pencurian sepeda motor modus test drive. (Foto: fat)

Kapolresta Banyuwangi menambahkan, pelaku yang memilik tato di sekujur tubuhnya ini merupakan residivis dan sudah sering kali melakukan aksi di 14 tempat kejadian perkara (TKP) dengan modus yang sama.

“Ini sudah yang ke-14 kalinya pelaku melakukan aksi serupa. Kemudian pelaku berhasil kami tangkap pada 17 Juli 2020 lalu bersama barang bukti sepeda motor hasil curian,” tambah Kapolresta.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti sepeda motor hasil curian, Honda CB 150 Versa warna hitam nopol P 5199 YZ dan STNK serta PBKB. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan. (fat)

_blank

Kabar Terkait