oleh

“Putune Minak Jinggo” KKN Dari Rumah, Membuat Film Sosialisasi Covid-19

KabarBanyuwangi.co.id – Dalam suasana pandemi seperti ini, tidak menyurutkan mahasiswa-mahasiswi semester akhir Universutas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang berasal dari Banyuwangi, untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerahnya.

Program (KKN) yang dimulai pada tanggal 15 Juni – 30 Juli 2020 tersebut, diikuti 12 mahasiswa yang juga menjadi anggota Keluarga Pelajar Mahasiswa Banyuwangi Surabaya (KPMBS).

Keduabelas mahasiswa tersebut berinisiatif membentuk kelompok berbeda dari kelompok  sebelumnya sudah dibentuk oleh kampus. Hal tersebut bertujuan mempermudah mobilisasi program kerja yang akan dilaksanakan.

Dari beberapa varian KKN yang ditetapkan oleh pihak kampus, kelompok KKN yang menamakan dirinya “Putune Minak Jinggo” ini sepakat memilih KKN-DR (Dari Rumah) sebagai arah kerja dan kegiatan selama 40 hari kedepan.

Bertempat di Desa Sumbersewu, Muncar, mereka memulai mengerjakan film. Mereka mencoba mengkampanyekan sebab penularan dan langkah pencegahan virus corona yang saat ini angka korban masih relatif naik dari hari kehari. Namun yang berbeda dari lainnya, mereka mencoba menarasikannya melalui media film drama yang berbau komedi.

“Kita sepakat memilih KKN-DR, karena ingin mengedukasi masyarakat melalui media perfilman. Ada  2 film pendek yang dibuat, sesuai kriteria yang ditentukan pihak kampus. Dengan pembuatan film drama yang dibumbui sedikit komedi ini, kampanye pencegahan penularan Covid-19 diharapkan lebih mudah dipahami dan bisa diterima oleh khalayak umum. Selain itu, dengan pembuatan film dapat mengurangi kontak langsung dengan masyarakat sekitar,” kata Rizal selaku koordinator Desa.

Melalui film tersebut, diharapkan ada edukasi yang lebih variatif daripada media yang lain. Imbuh mahasiswa  HTN angkatan 2017 yang akrab dipanggil Cuang tersebut.

“Meskipun baru pertama kalinya kita melakukan pembuatan film, tetapi dalam prosesnya tidak asal mengambil gambar,” ucap Hans selaku editor sekaligus cameraman.

Berbekal ilmu yang didapat di lembaga pers kampus, Hans mencoba sedikit demi sedikit mengaplikasikan ke dalam pembuatan film ini.

“Kami melakukan segala proses mulai dari pembuatan naskah, syuting, hingga editing sudah sangat maksimal, namun terkait hasil akhir kami percayakan semuanya pada Yang Maha Kuasa,”  tambahnya.

Terdapat 3 pilihan KKN yang diatur oleh kampus, antara lain: KKN-DR (Dari Rumah), KKN-KS (Kerja Sosial), dan KKN-Riset  (Awang – Ketua KPMBS UINSA – Surabaya)

“Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.”

_blank

Kabar Terkait