oleh

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polsek Kalipuro Lakukan Penyemprotan Massal di Perum GGM

KabarBanyuwangi.co.id – Menyusul adanya pasien meninggal diduga terpapar virus corona atau Covid-19 yang tinggal di perumahan Griya Giri Mulya (GGM), Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Kepolisian Sektor (Polsek) Kalipuro bersama tim kesehatan Puskesmas melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di kawasan tersebut, Minggu (30/8/2020).

Dua unit kendaraan patroli Polsek Kalipuro dengan membawa beberapa tangki berisi cairan disinfektan dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disetiap gang maupun jalan. Tidak hanya itu, petugas juga menyisir rumah-rumah warga untuk disemprot dengan cairan disinfektan.

Kapolsek Kalipuro, Iptu, Hadi Waluyo yang ikut dalam kegiatan bersama Camat dan Lurah serta Kepala Puskesmas mengatakan, selain petugas kepolisian bersama tim medis, penyemprotan juga dibantu warga di masing-masing RT. Kegiatan ini akan semakin diintensifkan di wilayah Kecamatan kalipuro secara bergilir guna memutus mata rantai penyebaran virus corona yang hingga saat ini semakin meluas.

“Ya kita lakukan penyemprotan secara massal mulai pagi tadi di lingkungan perumahan GGM bersama warga. Penyemprotan akan semakin sering dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Warga menyambut baik kegiatan yang kita laksanakan ini,” kata mantan KBO Reskrim Polresta Banyuwangi ini.

Baca Juga: Kemenkes dan Satgas Lakukan Karantina Salah Satu Pesantren Tangani Covid-19

Baca Juga: Penanganan Covid-19 di Pesantren, Kemenkes Bersama Dinkes Bekerja Total

Baca Juga: Kasus Positif Terus Bertambah, Banyuwangi Fokus Tangani Covid-19 di Pesantren

Sementara, dengan menggunakan pengeras suara, tim kesehatan Puskesmas Klatak dan polisi juga memberikan himbauan woro-woro disepanjang jalan yang dilalui agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaannya untuk taat terhadap protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, kami dari Puskesmas Klatak bersama petugas kepolisian Polsek Kalipuro menghimbau agar terus taat tehadap protokol kesehatan Covid-19, jangan lupa selalu pakai masker baik di rumah ataupun keluar rumah, selalu cuci tangan menggunakan sabun, mohon jangan bergerombol dan jaga kebersihan lingkungan,’ kata petugas Puskesmas melalui pengeras suara.

Sabtu (29/8/2020) kemarin WS salah satu warga perumahan GGM Klatak Kalipuro meninggal diduga terpapar Covid-19 setelah sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) Blambangan Banyuwangi.

Bedasarkan keterangan pihak RSUD Blambangan, melalui pesan WhatsApp (WA) grup di masing-masing RT/RW setempat, hari Minggu, 16 Agustus 2020 lalu yang bersangkutan mengalami gejala sesak napas, lemah dan pneumonia. Oleh tim medis RSUD Blambangan langsung dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif, selanjutnya dilakukan swab dengan hasil positif Covid 19.

Namun, pada hari Sabtu, 29 Agustus kemarin pasien WS dinyatakan meninggal dunia. Hasil uji klinis selain terpapar Covid-19 pasien juga menderita penyakit bawaan, yaitu sakit ginjal.

Untuk pemulasaraan dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan Covid-19. Proses pemulasaraan di TPU Lingkungan Klatakan, Kelurahan Klatak dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan, yang melibatkan Puskesmas Klatak dan TNI/Polri Kalipuro dengan disaksikan keluarga almarhum, berjalan aman dan lancar. (man)

_blank