oleh

Simpati Kepada Purnawirawan KKO Pelaku Sejarah Lubang Buaya Terus Mengalir

KabarBanyuwangi.co.id – Pelda (Purn) Evert Julius Ven Kandou (82) warga Dusun Krajan, RT 01 RW 04, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang saat ini sedang mengalami sakit di rumahnya, terus mendapat perhatian dari sejumlah institusi lembaga negara.

Kali ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi, yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto bersama staf TNI-AD menyambangi kediaman pengangkat jenazah pahlawan revolusi di lubang buaya untuk memberikan support dan dukungan agar segera sembuh, Rabu (5/8/2020).

“Yang pertama kita silaturahmi, kedua kita sebagai genarasi tentara nasional indonesia sowan ke rumah salah satu pejuang, Event Julius Ven Kandau. Karena beliu ini salah seorang yang berjasa pada saat pengangkatan jenazah pahlawan revolusi kita di tahun 1965,” kata Dandim Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto.

Baca Juga: Kodim 0825 Banyuwangi Kirim Pendekar Pencak Silat ke Korem BDJ Malang

Baca Juga: Babinsa Cluring Laksanakan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Selain menjenguk purnawirawan anggota Korps Komando Angkatan Laut (KKO-AL) yang sejak bulan Februari 2020 lalu terbaring sakit di rumahnya ini, Dandim 0825 Banyuwangi juga memberikan penghargaan dari TNI-AD kepada ‘aset negara’ pelaku sejarah kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) tahun 1965.

“Ini adalah salah satu sumber yang masih hidup, salah satunya adalah beliu dan satunya di Surabaya. Ini adalah bentuk perhatian kita TNI-AD kepada bapak Kandau yang sudah menyumbangkan tenaga dan dediksinya serta pengabdianya. Atas dasar ini kami memberikan penghargaan kepada bapak kami Ven Kandou dari Kodim 0825,” tambah Dandim.

Kiprah Evert Julius Ven Kandou menjadi inspirasi bagi TNI, khususnya TNI-AD yang berterima kasih atas dedikasinya, bersama dengan para pengangkat jenazah dari Komando Angkatan Laut (KKO-AL).

“Kita berbuat yang terbaik agar supaya beliau diberikan kesembuhan dan bisa bercerita banyak apa yang sudah menjadi karya beliau kepada negeri tercinta Indonesia ini. Beliau adalah bapak kami, bapak dari TNI yang juga merupakan aset negara tentang kekejaman PKI pada zaman itu,” ujar Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto.

Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, memberi suport kepada, Pelda (Purn) Evert Julius Ven Kandou di rumahnya. (Foto: man)
Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, memberi suport kepada, Pelda (Purn) Evert Julius Ven Kandou di rumahnya. (Foto: man)

Dandim 0825 Banyuwangi juga sempat berkomunikasi dengan Ven Kandau. Dengan suara lirih, Ven Kandau mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan penghargaan dari TNI-AD. Dandim juga memberikan semangat kepada Ven Kandou, agar sehat dan kembali memberikan motivasi kepada prajurit TNI.

“Beliau selalu memberikan kami wejangan. Memberikan kami semangat dalam kinerja dan tugas kami. Kami belum apa-apa dibandingkan beliau. Kami masih butuh belajar dari beliau,” tutup Dandim.

Baca Juga: Jaga Kebugaran di Tengah Pandemi Covid-19, Babinsa Senam Bersama Warga

Sementara itu, Laksmarion Mol Kandou, (43) salah satu keluarga Pelda (Purn) Evert Julius Ven Kandou mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan penghargaan dari TNI-AD atas penyematan aset negara terhadap Ven Kandou. Keluarga sangat tersanjung, sebab pada saat sehat, beliau jarang sekali bercerita bagaimana kiprahnya menjadi saat berdinas di KKO-AL.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim dan staf yang saat ini sudah menjenguk papa (Ven Kandou). Suatu penghargaan jika papa disebut sebagai aset negara. Kami pun sebenarnya tidak percaya karena papa jarang bercerita tentang kiprahnya saat menjadi KKO,” ujarnya.

Laksmarion menambahkan, saat ini kondisi Ven Kandou masih menjalani terapi khusus untuk pengobatan saraf di punggung dan kaki. Terapi di lakukan salah satu rumah sakit di Banyuwangi.

“Masih terus terapi di rumah sakit. Yang dikeluhkan itu sakit di punggung dan kaki. Karena ada saraf yang terjepit dan terjadi pemgecilan saraf,” pungkasnya. (man)

_blank

Kabar Terkait