oleh

Tahapan dan Pengamanan Pilkada Banyuwangi 2020 Wajib Terapkan Protokol Covid-19

KabarBanyuwangi.co.id – Seperti yang disampaikan Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo saat simulasi Sispamkota Pengamanan Pilkada Serentak 2020 di depan Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Rabu (16/9/2020).

“Latihan ini menggambarkan kesiapan unsur pengamanan dan penyelenggara pemilu di Banyuwangi, betul-betul menyiapkan diri. Mulai dari pemunguntan suara hingga paska pemungutan suara,” kata Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo.

Menurutnya, Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua unsur, baik itu dari sistem pengamanan, penyelenggara pemilu harus betul-betul mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk memperhatikan dan wajib menjalankan protokol kesehatan, mengingat saat ini Jawa Timur sebagai salah satu daerah dengan jumlah kasus Covid-19 yang cukup banyak.

“Tentunya dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat maupun petugas keamanan dan penyelenggara pemilu harus betul-betul memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan,” tegas Wakapolda yang pernah menjabat sebagai Kapolres Banyuwangi pada tahun 2010 itu.

Baca Juga: KPU Sebut, Berkas Dua Bapaslon Pilkada Banyuwangi Belum Lengkap

Baca Juga: Banyuwangi Deklarasi Pilkada Aman, Damai dan Sejuk di Halaman Mapolresta

Baca Juga: Jelang Pilbup Banyuwangi 2020, Polresta Gelar Simulasi Pengamanan Kota

Wakapolda menyebutkan, sejauh ini peta kerawanan jelang Pilkada di Jawa Timur masih terbilang kondusif. Meski demikian, Kepolisian Daerah Jawa Timur bakal menerjunkan 250 ribu personel untuk mengamankan jalannya Pilkada.

“Untuk Jawa Timur sekitar 250 ribu personel diterjunkan. Nantinnya juga akan dibantu dengan personel dari TNI dan aparat lainnya yang diharapkan bisa bersinergi mengamankan jalannya pemilu,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda juga mengapresiasi kemajuan pembangunan di Banyuwangi. Oleh karenanya ia berharap agar masyarakat bisa menjaga kondusifitas.

“Saya menghimbau dan mengharapkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Banyuwangi, termasuk saat Pilkada mendatang,” pungkasnya. (fat)

_blank

Kabar Terkait