oleh

Terhadang Covid-19, Staf Dispudpar Banyuwangi Semangat Laksanakan Qurban

KabarBanyuwangi.co.id – Semangat pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, perlu diacungi jempol dalam melaksanaan Ibadah Keagamaan, terutama saat Hari Raya Idul Adha. Mereka mampu mengumpulkan dana untuk bisa qurban. Meski jumlahnya tidak seperti yang diinginkan, karena terhalang pandemi Covid-19.

Proses penyembelihan hewan qurban dilakukan di Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) Banyuwangi. Proses pengumpulan dananya dilakukan pengelompokan antar pegawai, dengan satu kelompok berjumlah 7 orang. Mereka tiap bulan menyisihkan sebagian rejekinya, hingga masing-masing orang mengumpulkan Rp. 2,5 juta ada yang sampai Rp. 3 juta, bahkan Rp. 5 juta.

Khusus Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Kadisbudpar), 1 ekor sapi, penyembelihannya bersama-sama dengan hewan Qurban dari para staf. Banyak pegawai yang tidak bisa memenuhi kuota untuk membeli seekor sapi, karena terhalang pandemi Covid-19, tidak bisa maksimal menabung. Sehingga cukup membeli kambing, dari rencana membeli seekor sapi. Ada juga jumlah tabungannya tidak mencukupi untuk membeli seekor kambing, sehingga harus patungan dengan staf lain agar bisa mencapai harga seekor kambing.

Baca Juga: Heboh Tubuh Kambing di Desa Paspan Mengeluarkan Aroma Daun Pandan

Baca Juga: Tradisi Unik, Merias Hewan Qurban Layaknya Pengantin Baru

Ada seekor kambing hasil patungan, dimasak untuk konsumsi saat penimbangan dan pembungkusan daging qurban yang nantinya dibagikan pada masyarakat sekitar tempat tinggal pegawai. Tiap pegawai, berkewajiban membagikan kepada 9 sampai 10 tetangganya.

Selain dibagikan kepada warga sekitar distinasi wisata, daging Qurban staf Dispubpar juga dikirim ke Pesantrean dan Tetangga masing-masing staf. (Foto: Fauzi Abdullah)
Selain dibagikan kepada warga sekitar distinasi wisata, daging Qurban staf Dispubpar juga dikirim ke Pesantrean dan Tetangga masing-masing staf. (Foto: Fauzi Abdullah)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, (Kadisbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Moch. Y. Bramuda, menyampaikan rasa syukur tak terhingga, karena kesadaran beragama dari seluruh stafnya membuat dirinya haru dan kerap kali berbicara sambil meneteskan air mata.

“Tahun ini, alhamdulillah berhasil menggalang 6 ekor sapi dan  3 ekor kambing, serta seekor kambing sedekah. Dua sapi diberikan kepada masyarakat pinggiran dekat destinasi wisata, seekor sapi diberikan kepada Pondok Pesantren terdekat, seekor lagi diberikan kepada Masjid terdekat. Sementara dua ekor sapi dan 3 ekor kambing, dikelola teman-teman di kantor pada hari tasyrik terakhir. Semoga niat ikhlas dan ketaqwaan kita mendapat ridho dari Allah subahanahu wataalla, amin,” kata Bramuda seraya mengangkat kedua tangganya.

Sementara itu, Sekretaris Disbudpar Banyuwangi Choliqul Ridha, menambahkan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) hendaknya tidak terlena  dengan rutinitas tugas. Kegiatan sisi lain yang melekat pada keagamaan kita, harus dilakukan seiring sejalan. Sehingga sebagai ASN yang memiliki Panca Prasetya Korpri bisa mempraktekkan isinya.

“Kita punya kewajiban pada pemerintah sebagai ASN dan punya kewajiban ibadah sebagai hamba Alloh SWT.” Pungkas Ridho.

(Kiriman: Fauzi Abdullah, Disbudpar Kabupaten Banyuwangi)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank

Kabar Terkait