oleh

Video Penangkapan Mahluk Menyerupai Jenglot di Desa Licin Bikin Heboh

KabarBanyuwangi.co.id – Aksi penangkapan mahluk menyerupai Jenglot, terekam dalam video yang diambil oleh warga masyarakat Desa/Kecamatan Licin, Banyuwangi. Video berdurasi sekitar 37 detik menyebar luas melalui pesan berantai WhatsApp (WA) hingga membuat heboh dikalangan masyarakat.

Dalam rekaman tersebut, terdengar suara orang tengah melakukan proses ritual keagamaan dengan membaca ayat suci Al-qur’an. Si perekam juga membuka kain warna putih dan nampak sebuah makhluk mirip Jenglot berambut panjang hanya diam tidak bergerak di atas taburan bunga dengan posisi terbalik di dalam wadah toples.

Akhmad Sugiono, Kepala Desa Licin saat dimintai komentar oleh sejumlah wartawan termasuk kabarbanyuwangi.co.id terkait penangkapan mahluk tersebut membenarkan.

“Ya itu memang benar, kejadiannya, Jumat 14 Agustus 2020 malam kemarin. Aksi penangkapan berawal dari keresahan masyarakat yang sering kehilangan uang. Akhirnya, mereka menggelar istigosah dengan mengundang seorang ustadz,” kata Kepala Desa Licin, Akhmad Sugiono, Rabu (19/8/2020) melalui sambungan telepon.

Video amatir penangkapan mahluk diduga Jenglot.

Akmad Sugiono menambahkan, saat aksi penangkapan dirinya bersama perangkat desa, juga ikut memantau langsung kegiatan tersebut untuk memastikan masyarakat tetap tenang.

“Kami pemerintah Desa Licin mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Jangan sampai tersulut emosi gara-gara tuduhan tidak berdasar yang dapat memicu persoalan di masyarakat. Kami bersyukur penangkapan berjalan dengan lancar dan aman,” tambahnya.

Dirinya mengimbau kepada warga masyarakat Desa Licin agar tidak mempercayai hal-hal yang sulit dicerna akal sehat. Untuk menghindari tuduhan yang tidak bisa dipertangungjawabkan hingga menimbulkan keresahan, masyarakat dimita untuk menyimpan uangnya di bank agar lebih aman.

“Selain untuk keamanan, ini juga penting untuk menghindari isu-isu yang tidak masuk akal atau tahayul,” ucapnya.

Sementara itu, pasca aksi penangkapan, mahluk mirip Jenglot tersebut belum diketahui keberadaanya. Namun bedasarkan informasi yang didapat mahluk tersebut sudah dikubur oleh warga di arae pemakaman umum Desa setempat.

“Saya nggak tau sekarang Jenglot itu dimana? Informasinya sudah dikubur oleh warga di area pemakaman agar tidak bangun-bangun lagi,” pungkasya. (man)

_blank