Dua Pasutri Sukses Melenggang Jadi Anggota DPRD Banyuwangi Periode 2024-2029DPRD Banyuwangi

Dua Pasutri Sukses Melenggang Jadi Anggota DPRD Banyuwangi Periode 2024-2029

Pasutri Anggota DPRD Banyuwangi periode 2024-2029 dari Partai Golkar, Ruliyono dan Sri Yuliani. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id – Pelantikan 50 anggota DPRD Banyuwangi periode 2024-2029 digeber hari ini, Rabu (21/8/2024). Sebanyak 22 orang di antaranya merupakan pendatang baru.

Dari nama-nama anggota dewan terpilih, terdapat dua pasang suami istri yang turut diambil disumpah di Ruang Paripurna DPRD Banyuwangi. Pasutri tersebut masing-masing berasal dari Partai Golkar dan NasDem.

Pasutri dari Golkar yakni Ruliyono dan Sri Yuliani. Meski satu partai, namun keduanya bergerak di daerah pilihan yang masing-masing. Sang suami bertarung di Dapil VI, sementara istrinya di Dapil VII.

Baca Juga :

Diketahui, Ruliyono adalah Ketua DPD Golkar Banyuwangi yang maju di dapil Banyuwangi VI (Genteng, Glenmore, Kalibaru) sukses mengantongi 13.501 suara.

Kesuksesannya tersebut mengantarkan Ruliyono lima kali menjabat anggota legislatif. "Saya sudah kali kelima, tahun ini berbeda dan istimewa karena saya dilantik dengan istri saya," kata Ruliyono.

Sang istri, Sri Yuliani maju di Dapil Banyuwangi VII (Singojuruh, Songgon, Sempu). Wanita yang baru kali ini menjadi legislator ini meraih 6.047 suara.

Ruliyono mengaku sebenarnya tidak ingin mencalonkan istrinya menjadi anggota dewan. Tapi karena kekurangan kuota perempuan dan beberapa calon lain perempuan lain tidak memenuhi syarat, akhirnya Sri Yuliani maju.

"Karena kuota perempuan harus terpenuhi, akhirnya saya mengajukan istri saya dan alhamdulillah jadi. Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Sementara Sri Yuliani menganggap suaminya merupakan partner, tak hanya d rumah tapi juga di kepartaian. Dia mengaku bakal bekerja secara harmonis dengan suaminya.

“Meskipun dari dapil berbeda, namun tujuan kami sama, yaitu untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,” cetus Yuli yang saat ini juga menjabat Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Banyuwangi.

Pasutri Anggota DPRD periode 2024-2029 dari Partai NasDem, Zamroni dan Lia Alystia Ningrum. (Foto: Istimewa)

Pasutri selanjutnya yakni, Zamroni dan Lia Alystia Ningrum. Pasutri dari Nasdem ini sama-sama baru pertama menjadi legislator.

Pada Pileg 2024, Zamroni merupakan Sekretaris DPD Nasdem Banyuwangi yang maju di Dapil Banyuwangi I (Kabat, Glagah dan Banyuwangi). Sementara istrinya, di Dapil VIII (Giri, Licin, Kalipuro, Wongsorejo).

Zamroni mendapatkan 4.009 suara. Sedangkan Lia Alystia Ningrum memperoleh 3.304 suara.

"Alhamdulillah hari ini kami sah dilantik, fokus kami adalah kesehatan dan pendidikan. Persoalan-persoalan itu yang ingin kami entaskan selama menjabat nanti," tegas Zamroni. (fat)