Banyuwangi ramaikan Bolsa Turismo de Lisboa (BTL) 2024 di Lisbon, Portugal. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id - Banyuwangi turut meramaikan pameran
pariwisata terbesar di Lisbon, Portugal yang berlangsung selama lima hari,
mulai dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024.
Keikutsertaan Banyuwangi di pameran bertajuk Bolsa Turismo
de Lisboa (BTL) 2024 ini bertujuan untuk memperkuat branding destinasi wisata
di tengah publik Portugal serta promosi investasi pengembangan pariwisata di
kawasan Boom Marina Banyuwangi.
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon ingin
agar Indonesia tetap menjadi Top of Mind destinasi wisata di antara
negara-negara lainnya. Hal ini terbukti dengan antusiasme pengunjung yang ramai
mengunjungi stand Banyuwangi di BTL 2024.
Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam
BTL 2024 ini bekerjasama dengan lembaga pendidikan kepariwisataan Venus One
Tourism Academy Bali dan agen travel.
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
(Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq mengungkapkan antusiasme warga
Portugal dalam mengikuti kegiatan pameran ini sangat tinggi.
Menurutnya, Portugal merupakan negara yang potensial secara
ekonomi sehingga memungkinkan untuk menghadirkan wisatawan dari negara tersebut
ke Banyuwangi.
Pengunjung pameran BTL di tahun sebelumnya mencatat jumlah
kunjungan lebih dari 63 ribu. Hal ini menjadi peluang besar bagi Banyuwangi
untuk dikenal secara luas di negara Portugal dan negara lainnya.
"Keikutsertaan Banyuwangi dalam BTL 2024 merupakan
langkah strategis untuk mempromosikan wisata Banyuwangi ke pasar Eropa. Kami
berharap dengan mengikuti pameran ini, Banyuwangi dapat menarik lebih banyak
wisatawan dari Portugal dan negara-negara Eropa lainnya," ungkap Rofiq,
Jumat (1/3/2024).
Untuk diketahui, stand Banyuwangi di BTL 2024 menampilkan
berbagai informasi tentang wisata Banyuwangi, seperti wisata alam, wisata
budaya, dan informasi peluang investasi di kawasan pantai Boom Marina
Banyuwangi.
BTL 2024 merupakan pameran pariwisata terbesar di Portugal
yang diikuti oleh berbagai negara di dunia untuk memperkuat posisinya di kancah
pariwisata Global. Pameran ini menjadi ajang promosi wisata yang efektif untuk
menarik wisatawan mancanegara khususnya portugal dan negara kawasan Eropa lainnya.
(man)