Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Dewan Minta Pemkab Banyuwangi Perhatikan Pertanian, UMKM dan InfrastrukturDPRD Banyuwangi


Dewan Minta Pemkab Banyuwangi Perhatikan Pertanian, UMKM dan Infrastruktur

Keterangan Gambar : Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. (Foto: Fattahur/Dok)

KabarBanyuwangi.co.id - Awal tahun 2023, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto melayangkan permintaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Dia meminta pihak eksekutif agar lebih memperhatikan sektor pertanian sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan sekaligus perekonomian masyarakat di tahun 2023.

Permintaannya itu bukan tanpa alasan. Menurut Michael, sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah.

Baca Juga :

"Tahun ini Pemerintah Daerah harus memperhatikan dan memikirkan petani karena sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar PDRB di Banyuwangi," jelas Michael kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Ketua DPD Partai Demokrat Banyuwangi ini menilai kebijakan pemerintah daerah selama ini masih belum sepenuhnya berpihak kepada petani. Dia berharap plot anggaran untuk sektor pertanian tahun ini ditingkatkan.

"Dengan dukungan anggaran yang memadai, tentu akan memberikan dorongan semangat dan memotivasi para petani untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya," katanya.

Tak hanya sektor pertanian, lanjut Michael, tapi juga sektor ekonomi mikro yang sudah berjalan juga harus mendapat perhatian.

"Program Bupati seperti warung naik kelas, UMKM naik kelas itu sangat baik, namun implementasi riilnya itu bagaimana. Karena UMKM sempat terpuruk saat pandemi Covid-19, sekarang kan sudah melandai untuk menaikkan UMKM itu seperti apa programnya, ini harus dapat perhatian," kata Michael.

Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur di daerah. Michael meminta Pemkab memprioritaskan akses-akses perekonomian masyarakat.

"Banyuwangi ini luas, untuk pembangunan infrastruktur jalan tentu harus memilih akses yang menjadi prioritas, khususnya akses perekonomian masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Saya juga akan berusaha mencari bantuan anggaran ke pemerintah pusat maupun Pemprov Jatim," kata Michael. (fat)