Harga Cabai Rawit dan Bawang Merah di Banyuwangi Naik DrastisPasar Banyuwangi


Harga Cabai Rawit dan Bawang Merah di Banyuwangi Naik Drastis

Keterangan Gambar : Pembeli dan pedagang cabai di Pasar Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Pasca Lebaran, harga beberapa komoditas seperti cabai, tomat, dan bawang merah di Pasar Banyuwangi, malah melonjak drastis, Jumat (20/5/2022).

Salah seorang pedagang, Sunatia (51) menyampaikan, barang dagangannya yang mengalami kenaikan yakni cabai rawit, tomat, dan bawang merah.

"Cabai rawit sekarang harganya Rp. 40 ribu per kilo, tomat naik menjadi Rp. 10 ribu per kilonya sedangkan bawang merah di harga Rp. 40 ribu per kilogram," kata Sunatia.

Baca Juga :

Pedagang asal Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi ini menjelaskan, harga cabai rawit sebelumnya Rp. 24 ribu, untuk tomat naik Rp. 5 ribu menjadi Rp. 10 ribu. Bawang merah naik Rp. 12 ribu.

Menurut Sunatia, kenaikan harga kebutuhan dapur itu sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Semenjak itulah banyak pelanggannya yang mengurangi jumlah pembelian. Alsasil ia terpaksa mengurangi stok untuk meminimalisir kerugian.

"Biasanya nyetok 20 kilogram sekarang 10 kilogram, itupun tidak habis karena jualan jadi sepi," keluhnya.

Menurut informasi yang diterima Sunatia dari sejumlah sentra produksi, hasil panen para petani sedang anjlok akibat cuaca yang tak menentu, sehingga mempengaruhi hasil produksi.

"Katanya sih dipengaruhi hujan yang tidak menentu, sehingga hasil panen cabai rusak dan membuat stok berkurang," tandasnya. (fat)