Iklan Banner Atas Kokoon Hotel Banyuwangi

Pasar Kalibaru Wetan Terbakar, 29 Kios Ludes Dilalap ApiPolsek Kalibaru


Pasar Kalibaru Wetan Terbakar, 29 Kios Ludes Dilalap Api

Keterangan Gambar : Pasar Kalibaru Wetan terbakar, Minggu dini hari. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Kalibaru Wetan, Banyuwangi pada Minggu (10/10/2021) dini hari. Sedikitnya 29 kios pedagang di pasar kawasan Kecamatan Kalibaru tersebut ludes di lalap api. Api dengan cepat berkobar lantaran mayoritas bangunan terbuat dari kayu yang berisi barang pecah belah dari plastik.

Sebelum mobil pemadaman kebakaran tiba di lokasi, warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Minimnya sumber air di kawasan pasar membuat upaya warga tak bisa menjinakkan api yang semakin membara.

Selang 15 menit kemudian, petugas Damkar akhirnya tiba di lokasi kejadian. Tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Genteng dan Kecamatan Kota dikerahkan untuk mengatasi kebakaran. Kobaran api akhirnya benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 Minggu pagi.

Baca Juga :

Dari hasil penyelidikan polisi, penyebab kebakaran diduga kuat disebabkan adanya hubungan pendek arus listrik. Api diketahui pertama kali membakar salah satu kios pasar milik Subandi yang berada di bagian selatan dalam pasar, hingga akhirnya menjalar ke sejumlah kios pedagang lainnya.

“Menurut informasi warga, awalnya api membakar salah satu kios pedagang. Terus api menjalar ke kios-kios lainnya. Kita kerahkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran. Ada dari Kecamatan Genteng, Kota dan bantuan mobil damkar dari Pabrik Gula,” kata Sutikno, KBO Damkar Banyuwangi Selatan.


Pemilik kios berusaha mencari sisa barang yang masih bisa diselamatkan. (Foto: Istimewa) 

Dibantu warga, pedagang di dalam pasar mencoba menyelamatkan barang-barang dagangannya ke tempat yang aman. Meski tak ada korban dalam musibah ini, namun kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai 800 juta rupiah.

“Dugaan sementara memang karena hubungan arus pendek listrik. Ada 29 kios yang terdampak kebakaran. Alhamdulillah tidak ada korban hanya kerugian materil saja sekitar Rp 800 juta,” kata Kasubag Humas Poresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan.

Sementara itu hingga Minggu siang, sejumlah pedagang dan warga masih berada di lokasi kejadian untuk mencari sisa-sisa barang dagangan yang masih bisa diselamatkan.

Petugas juga telah memasang garis polisi guna proses penyelidikan. Untuk sementara waktu, pedagang yang kios nya terbakar akan direlokasi ke kios lain yang tidak terkena imbas kebakaran hingga proses renovasi pasar selesai dilakukan. (man/fat)