Iklan Banner Atas Luminor Hotel Banyuwangi

Perguruan Pencak Silat Cluring Segera Launching Forum 'Jagad Ksatrian'Jagat Kesatrian


Perguruan Pencak Silat Cluring Segera Launching Forum

Keterangan Gambar : Kapolsek Cluring AKP Bejo Madrias memberikan sambutan di pertemuan Forum Jagad Kesatrian. (Foto: Ravani)

KabarBanyuwangi.co.id - Sebanyak 9 Perguruan Pencak Silat, segera launching forum Jagad Ksatrian sebagai wujud persaudaraan untuk menjalin kerukunan dan keamanan khususnya di wilayah Kecamatan Cluring. Hal itu telah dibahas dalam pertemuan di kantor Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Rabu (9/6/2021).

Rencananya forum Jagad Ksatrian akan dilaunching pada bulan Juli mendatang, dengan menghadirkan pemerintah setempat beserta seluruh perguruan silat di wilayah Cluring. Dengan menampilkan seni salam pembuka dari masing masing perguruan silat.

Camat Cluring, Ir Sugiono menyampaikan, apresiasinya atas gebrakan dari forum pencak silat yang berdiri 5 bulan yang lalu ini. Cita-cita menghilangkan stigma masyarakat tentang pergesekan antar perguruan merupakan hal yang memiliki nilai keluhuran.

Baca Juga :

"Terimakasih temen-temen ini merupakan inovasi yang luar biasa, dan ini merupakan hal yang baru di kecamatan kita," ujar Sugiono.

Apresiasi juga disampaikan Kapolsek Cluring AKP Bejo Madrias. Menururtnya forum Jagad Ksatrian diharapkan mampu menjaga keamanan, ketentraman, masyarakat di wilayah Kecamatan Cluring.


Pertemuan Forum Jagad Ksatrian di kantor Kecamatan Cluring. (Foto: Rivani)

Selain itu, Jagat Kesatrian bisa menjadi garda terdepan dalam membantu kinerja pemerintah setempat maupun Polsek Cluring.

"Saya harap Jagad Ksatrian ini nantinya menjadi garda terdepan membantu kinerja kami. Jangan malah membuat kerusuhan di tengah masyarakat," kata AKP Bejo Madrias.

Sementara itu, Ketua forum Jagad Ksatrian, Hasan Aminudin mengungkapkan, kedepannya forum ini akan terus melaksanakan programnya yakni melestarikan kerukunan.

Targetnya forum ini nantinya diharapkan menjadi forum resmi yang ditandatangani langsung oleh Camat Cluring, sebagai bukti diakuinya keberadaan forum Jagad Ksatrian.

"Kita fokus melaksanakan program untuk mempererat tali persaudaraan. Nanti forum ini juga akan di sahkan langsung oleh Camat Cluring," tandas Hasan yang juga ketua cabang Pencak Silat Persaudaraan Rasa Tunggal, Kabupaten Banyuwangi. (van)