Petani Sidowangi Wongsorejo Dapat Bantuan Sumur Bor Dari PemerintahDesa Sidowangi


Petani Sidowangi Wongsorejo Dapat Bantuan Sumur Bor Dari Pemerintah

Keterangan Gambar : Warga Sidodadi sedang mengerjakan sumur bor. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Warga Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, membangun sumur bor di tiga titik yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat setempat.

Daerah tersebut sering kali kesulitan mendapatkan air, utamanya ketika musim kemarau. Tak sedikit petani yang mengandalkan air hujan untuk mengaliri areal persawahannya.

Sumur bor yang sedang dibangun warga itu merupakan hasil bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, dan Dinas Pertanian Banyuwangi melalui program bagi hasil cukai tembakau.

Baca Juga :

Kepala Desa Sidowangi Muansin menyebutkan, tiga titik bantuan sumur bor tersebut dibangun untuk keperluan irigasi pertanian.

"Bantuan sumur bor bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas ditempatkan di irigasi Dusun Pancoran wilayah barat. Alhamdulilah prosesnya tinggal menunggu pemasangan instalasi," kata Muansin, Rabu (1/12/2021).

Kemudian, sumur bor dari Dinas Pertanian juga berada di Dusun Pancoran. Pengerjaan pengeboran di dusun tersebut telah rampung, tinggal menunggu penyempurnaan.

"Tadi sudah dilakukan pengetesan debit air, alhamdulilah bisa mencapai sekitar 30 kubik/jam nya. Insyaallah musim kemarau depan sudah bisa digunakan," ungkapnya.

Sedangkan satu titik terakhir bantuan sumur bor dari Wabup Sugirah ditempatkan di tengah-tengah desa. Saat ini sedang dalam proses pengeboran.

"Tentu ini sangat bermanfaat untuk petani kita. Dengan adanya sumur bor untuk irigasi ini, lahan pertanian kita semakin subur, sehingga akan meningkatkan hasil pertanian, sekaligus meningkatkan pendapatan warga," tuturnya.

Muansin menambahkan, Desa Sidowangi memiliki lahan pertanian seluas 634 hektar, dengan pertanian unggulan berupa tembakau, cabai, dan jagung. Sehingga, suplai air untuk menunjang produktivitas di sektor pertanian sangat diperlukan.

"Secara bertahap, kita berbenah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami berharap desa kami terus mendapat support dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat. Sebab, air untuk menunjang sektor pertanian di Desa Sidowangi sangat dibutuhkan para petani," pungkasnya. (fat)