Puting Beliung Porak Porandakan Pasar Sraten Banyuwangi


Puting Beliung Porak Porandakan Pasar Sraten Banyuwangi

Keterangan Gambar : Teras rumah warga runtuh diterjang puting beliung. (Foto: Rivani)

KabarBanyuwangi.co.id - Pasar dan sejumlah warung, serta rumah warga di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi rusak akibat diterjang angin puting beliung, Jum'at (5/2/2021) sore.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, namun terjangan angin puting beliung itu membuat warga khawatir karena merobohkan teras rumah dan dapur.

Salah satu warga Sraten, Selamet (29) mengatakan, ada puluhan rumah yang rusak terutama di bagian atap teras depan. Bahkan, atap rumah warga ada yang terlempar hingga puluhan meter.






Baca Juga :

“Angin puting beliung itu terjadi sangat singkat ke arah timur. Atap-atap rumah warga berterbangan. Angin terlihat berputar-putar hingga membuat warga khawatir,” jelasnya.

Sementara itu, di suatu tempat yang juga tidak jauh dari lokasi pasar Sraten, Khamid (34) mengaku nyaris tertimpa pohon, saat angin puting beliung tak terkendali.

"Saya hampir kerobohan pohon, sampai sekarang saya masih syok," tambah Khamid.

Selain itu Lilik (35) salah satu pemilik warung mengatakan, angin puting beliung itu terjadi berbarengan dengan turunnya hujan dan terjadi relatif sangat singkat. Dirinya merasa takut karena ini terjadi untuk yang ketiga kalinya, sebelumnya ditahun 2004 dan tahun 2010 silam.

“Kejadian ini yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pernah terjadi pada tahun 2004 dan 2010 lalu,” ucapnya.

Meski tidak ada korban jiwa, hal ini membuat jalan utama lintas kabupaten Banyuwangi - Jember mengalami macet hingga puluhan meter. (van)