Bantalan sintetis terpasang pada jembatan kereta api di wilayah Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop
9 Jember mendatangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis pada tahun 2024.
"Tahun ini kami datangkan 1.654 batang bantalan rel
sintetis guna menggantikan bantalan kayu yang selama ini terpasang pada
jembatan-jembatan kereta api,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember,
Cahyo Widiantoro, Selasa (22/10/2024).
Saat ini, kata Cahyo, bantalan sintetis telah terpasang di
sejumlah titik. Salah satunya di perlintasan kereta api di wilayah Kecamatan
Kalibaru, Banyuwangi.
KAI selama ini memakai tiga jenis bantalan rel. Yakni
berbahan kayu, besi, dan beton. Bantalan beton digunakan pada mayoritas jalur
di wilayah Daop 9 Jember. Sedangkan bantalan besi dipakai pada jalur simpan,
serta bantalan kayu yang masih dipasang pada jembatan dan wesel (perangkat
pemindah jalur).
Sedangkan bantalan sintetis sendiri merupakan teknologi
yang sudah dikembangkan dan diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun
1980.
Dipilihnya bantalan sintetis menggantikan bantalan kayu
karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemampuan peredaman yang sama
seperti bantalan kayu, tetapi tahan terhadap semua bahan kimia seperti oli dan
solar, perawatan mudah dengan biaya lebih rendah, memiliki usia pakai lebih
dari 50 tahun serta dapat di daur ulang.
“Selama ini pada jembatan kereta api yang menggunakan
rangka baja, KAI masih menggunakan bantalan kayu untuk meredam getaran dan
kebisingan pada saat dilalui kereta api. Secara bertahap bantalan kayu akan
digantikan dengan bantalan sintetis,” ungkapnya.
Bantalan rel memiliki fungsi yang sangat vital dalam
menunjang keselamatan perjalanan kereta api. Fungsi bantalan rel diantaranya
adalah untuk menjaga lebar rel tidak berubah, meredam getaran dan suara,
menjaga keseimbangan serta membagi beban kereta api ke tanah sehingga tidak
menimbulkan kerusakan tanah.
“Sejak pertengahan 2022 hingga Oktober 2024, di wilayah
Daop 9 Jember terdapat 44 jembatan kereta api yang sudah dilakukan penggantian
dengan total bantalan sintetis yang digunakan sebanyak 2.512 batang,” imbuhnya.
Dengan penggunaan bantalan sintetis sebagai pengganti
bantalan kayu, selain keselamatan perjalanan kereta api yang meningkat, juga
menambah kenyamanan para penumpang karena kebisingan saat melalui jembatan juga
akan berkurang.
"Penggunaan bantalan sintetis merupakan komitmen KAI
Daop 9 Jember untuk turut mendukung keberlangsungan dan pelestarian alam.
Semakin banyak bantalan sintetis yang dipakai, semakin banyak batang pohon yang
diselamatkan dari penebangan," tandasnya. (fat)