KAI Gantikan Bantalan Rel Kayu dengan SintetisPT KAI Daop 9 Jember

KAI Gantikan Bantalan Rel Kayu dengan Sintetis

Bantalan sintetis terpasang pada jembatan kereta api di wilayah Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mendatangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis pada tahun 2024.

"Tahun ini kami datangkan 1.654 batang bantalan rel sintetis guna menggantikan bantalan kayu yang selama ini terpasang pada jembatan-jembatan kereta api,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, Selasa (22/10/2024).

Saat ini, kata Cahyo, bantalan sintetis telah terpasang di sejumlah titik. Salah satunya di perlintasan kereta api di wilayah Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Baca Juga :

KAI selama ini memakai tiga jenis bantalan rel. Yakni berbahan kayu, besi, dan beton. Bantalan beton digunakan pada mayoritas jalur di wilayah Daop 9 Jember. Sedangkan bantalan besi dipakai pada jalur simpan, serta bantalan kayu yang masih dipasang pada jembatan dan wesel (perangkat pemindah jalur).

Sedangkan bantalan sintetis sendiri merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dan diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun 1980.

Dipilihnya bantalan sintetis menggantikan bantalan kayu karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemampuan peredaman yang sama seperti bantalan kayu, tetapi tahan terhadap semua bahan kimia seperti oli dan solar, perawatan mudah dengan biaya lebih rendah, memiliki usia pakai lebih dari 50 tahun serta dapat di daur ulang.

“Selama ini pada jembatan kereta api yang menggunakan rangka baja, KAI masih menggunakan bantalan kayu untuk meredam getaran dan kebisingan pada saat dilalui kereta api. Secara bertahap bantalan kayu akan digantikan dengan bantalan sintetis,” ungkapnya.

Bantalan rel memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang keselamatan perjalanan kereta api. Fungsi bantalan rel diantaranya adalah untuk menjaga lebar rel tidak berubah, meredam getaran dan suara, menjaga keseimbangan serta membagi beban kereta api ke tanah sehingga tidak menimbulkan kerusakan tanah.

“Sejak pertengahan 2022 hingga Oktober 2024, di wilayah Daop 9 Jember terdapat 44 jembatan kereta api yang sudah dilakukan penggantian dengan total bantalan sintetis yang digunakan sebanyak 2.512 batang,” imbuhnya.

Dengan penggunaan bantalan sintetis sebagai pengganti bantalan kayu, selain keselamatan perjalanan kereta api yang meningkat, juga menambah kenyamanan para penumpang karena kebisingan saat melalui jembatan juga akan berkurang.

"Penggunaan bantalan sintetis merupakan komitmen KAI Daop 9 Jember untuk turut mendukung keberlangsungan dan pelestarian alam. Semakin banyak bantalan sintetis yang dipakai, semakin banyak batang pohon yang diselamatkan dari penebangan," tandasnya. (fat)