Kiprah Pejabat Asal Banyuwangi Diamanati Pengembangkan Pariwisata Kota PariamanISG Sumatera


Kiprah Pejabat Asal Banyuwangi Diamanati Pengembangkan Pariwisata Kota Pariaman

Keterangan Gambar : Pengurus ISG Pusat bersama Walikota Pariaman Dr H. Genius Umar dan Kadis Pariwisata dan Budaya, Dwi Marhen Yono, Saat Morning Cofee di Pekanbaru Riau. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id - Dwi Marhen adalah sosok yang kalem berpenampilan nan bersahaja, sebagai salah satu ciri khas Wong Banyuwangi. Sekarang mulai dikenal di kalangan penggiat Pariwisata dan Budaya di Sumatera. Kang Marhaen, begitu sapaan akrabnya, sudah 7 (tujuh) bulan  menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten kota Pariaman.

Awal berdinas di kota tersebut, Kang Marhen kurang mendapatkan dukungan dan sikap antipati, bahkan kritik, sering dialaminya. Kondisi itu disadarinnya, karena bukan putra daerah di kota itu.

Namun lambat laun, karena kepemimpinan yang mumpuni serta pola kerja, kreatifitas dan performa hasil kerja nyata yang menggembirakan di bidangnya, sehingga keberadaan Kang Marhen mulai diterima semua kolega di lingkungan ASN wilayah Pemerintah Kota Pariaman dan Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga :

Inovasi dan gebrakan baru yang direalisasikan tahun 2021 ini, diantaranya kerja sama Pariwisata di berbagai Pemerintah Kota dan Kabupaten di wilayah Sumatera.

Pada kesempatan itu, Ikawangi Sumatera Group Pusat (ISG) dan ISG Prov Riau mendapat undangan khusus dari kang Marhen untuk hadir pada acara Expo Pariwisata "Grand Launcing Calendar of Even Pariaman. Event ini merupakan kerjasama antra Pemkot Pariaman dan Pemkot Pekanbaru tahun 2021.

Event diadakan di Mall SKA Pekanbaru, dihadiri oleh Walikota Pariaman  Dr. H. Genius Umar, S.Sos dan Walikota Pekanbaru  IR Firdaus ST .MT. Kegiatan ini tentu akan menjadi akses, terbukanya hubungan kerja sama yang akan memajukan bidang pariwisata pada kedua pemerintah kota ini.

Harapannya, agenda-agenda wisata yang di tunjuk oleh kedua daerah ini akan menjadi event-event serta destinasi yang menarik dan diminati oleh masyarakat di tahun 2021 ini. Sehingga dapat menaikkan pendapatan daerah disektor Pariwisata.


Keterangan Gambar : Keluarga besar ISG Pusat pada Expo Launcing Calender Event of Pariaman 2021 di Mall SKA Pekanbaru, Riau. (Foto: Istimewa)

Saat acara morning cofee (ngopi bareng), bersama rombongan Pemkot dan Disbudpar kota Pariaman, turut hadir Walikota Pariaman dan Ketua Umum ISG, Kang Amma Kusbani, Wakil Ketua Umum ISG Pusat, Kang Nurhidayat, Bendahara umum Kang Ade R, dan Sekjen ISG Kang Hery S serta Kang Imam Yahya Humas ISG Prov Riau.

Pada kesempatan tersebut, Kang Marhen juga memberikan pencerahan dan saran positif bagi ISG Pusat dan ISG Provinsi Riau, terkait dengan proses-proses kegitan yang harus dilakukan dengan terstruktur dengan pola 3C (creative, consistent, communicative) agar kegiatan-kegiatan di bidang ekonomi yang digalakkan ISG, bisa berkembang dengan baik.

“Kegiatan tersebut, juga dapat mendukung dana operasional ISG, untuk pengembangan paguyuban. Selain itu, agar lebih maju dalam upaya mempererat ikatan persaudaraan antar dulur-dulur Perantau asal Banyuwangi dalam satu paguyuban yang rukun dan harmonis sesuai dengan harapan” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Disbupar) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.STP, M.Si. menutup wawancara eksklusif dengan Kang Hery S.

Harapannya ISG lebih maju, ikut bersama mendukung dan turut mempromisikan program Pariwisata pemerintah daerah di manapun mereka berada saat ini. Jangan lupa ikut hadir agenda wisata ISG ke Kota Pariaman tanggal 27 - 28 Maret 2021, sekaligus acara Pengukuhan ISG Provinsi Sumatera Barat. 

(Penulis: Hery Susanto, Sekjen ISG Pusat di Pekanbaru asli Lemahbang Dewo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi)