Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Banyuwangi Diguncang Gempa, BMKG Imbau Masyarakat Tak PanikBMKG Banyuwangi


Banyuwangi Diguncang Gempa, BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik

Keterangan Gambar : Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi memantau gempa bumi melalui layar monitor. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan terjadinya gempa bumi di barat daya Banyuwangi, Senin (5/12/2022).

Anjar menyebut, gempa tektonik ini relatif sangat kecil, kemungkinan hanya dirasakan oleh masyarakat sekitar wilayah terdampak gempa, seperti di Kecamatan Bangorejo, Purwoharjo, Siliragung, dan Pesanggaran.

Namun sejauh ini, kata Anjar, peta tingkat goncangan (Shakemap) masih belum bisa dipastikan, karena belum ada laporan dari masyarakat setempat yang merasakan.

Baca Juga :

Dikatakan Anjar, gempa bermagnitudo 2,3 SR tersebut terjadi di darat, kemungkinan getarannya hanya dirasakan beberapa orang.

"Jadi tidak sampai merusak bangunan seperti magnitudonya lebih dari 5 SR. Karena kekuatan gempa di barat daya Banyuwangi ini relatif sangat kecil," terangnya.

Meski begitu BMKG tetap mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada.

"Hati-hati gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Jadi tetap waspada dan jangan terlalu panik. Kita juga harus terima bahwa jalur selatan Banyuwangi merupakan jalur gempa," pungkasnya. (fat)