Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Macan Tutul Muncul di Lahan Warga Songgon, BKSDA Lakukan InvestigasiBBKSDA Jatim


Macan Tutul Muncul di Lahan Warga Songgon, BKSDA Lakukan Investigasi

Keterangan Gambar : Ilustrasi macan tutul. (Foto: pixabay.com)

KabarBanyuwangi.co.id - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) mulai melakukan investigasi, sekaligus menindaklanjuti kabar kemunculan macan tutul di ladang warga lereng Gunung Raung, Dusun Kampunganyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Kepala Konservasi Wilayah V Banyuwangi BBKSDA Jatim, Purwantono mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim investigasi untuk memastikan kebenaran kabar kemunculan macan tutul yang dilaporkan berkeliaran di dekat pemukiman warga tersebut.

Untuk memastikan itu, kata Purwantono, tim investigasi BBKSDA melakukan pengamatan terhadap kotoran, cakaran di pohon, jejak kaki, ataupun tanda-tanda lainnya yang muncul di permukaan tanah.

Baca Juga :

"Tim investigasi melakukan pengamatan, termasuk memasang kamera trap di sejumlah titik," kata Purwantono saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/12/2022).

Berdasarkan hasil pengamatan BBKSDA, kata Purwantono, sementara ini masih belum ditemukan keberadaan satwa liar tersebut.

Untuk mencegah konflik, BBKSDA telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengamankan lokasi, termasuk upaya menghalau macan tutul jika sewaktu-waktu muncul.

"Kita mengimbau masyarakat agar waspada dan hati-hati ke lokasi yang diyakini menjadi tempat macan tutul. Masyarakat juga kita untuk tak menangkap dan memburunya apalagi sampai membunuhnya, karena satwa tersebut dilindungi undang-undang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Warga di lereng Gunung Raung, Banyuwangi dibuat geger menyusul beredarnya kabar kemunculan macan tutul.

Satwa liar tersebut dilaporkan kerap berkeliaran di ladang warga Dusun Kampunganyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Fenomena ini membuat resah warga setempat. (fat)