Peningkatan Pelayanan, KAI Lakukan Penataan Tiga Stasiun di BanyuwangiPT KAI Daop 9 Jember

Peningkatan Pelayanan, KAI Lakukan Penataan Tiga Stasiun di Banyuwangi

Pekerja melakukan perbaikan di Stasiun Banyuwangi Kota. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember melakukan penataan tiga stasiun di wilayah Banyuwangi. Yakni Stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, dan Kalisetail.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menjelaskan, ketiga proyek penataan ini dilakukan secara bertahap dan menyeluruh untuk memperkuat fungsi stasiun tidak hanya sebagai titik keberangkatan dan kedatangan, namun juga sebagai ruang publik yang nyaman.

“Penataan ini kami lakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Kami ingin stasiun-stasiun di Banyuwangi menjadi wajah yang nyaman, ramah bagi seluruh pengguna jasa kereta api, dan bernuansa khas daerah setempat,” ujar Cahyo, Kamis (16/10/2025).

Baca Juga :

Sebagai gerbang utama transportasi menuju Pulau Bali, Stasiun Ketapang mendapatkan perhatian khusus melalui pekerjaan penataan landscape area parkir depan stasiun, penataan hall masuk dan area drop-off, hingga jogging track di sekitar area stasiun.

"Pekerjaan di Stasiun Ketapang dimulai Juli hingga Desember 2025, sehingga bisa berfungsi penuh sebelum angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Cahyo.

Sementara di Stasiun Banyuwangi Kota difokuskan pada peninggian atap bangunan eksisting agar selaras dengan konsep atap bangunan baru, pembuatan overcaping untuk area pelayanan dan pembangunan peron tinggi yang lebih mudah diakses oleh penumpang.

"Penataan di Stasiun Banyuwangi Kota dilaksanakan sejak 11 September 2025 hingga Maret 2026, sebagai lanjutan dari tahap pertama yang sebelumnya telah selesai pada akhir tahun lalu," tuturnya.

Stasiun Kalisetail juga tengah dilakukan penataan meliputi pembangunan area parkir dan landscape baru, musala, serta pembangunan tenant untuk memberikan fasilitas tambahan bagi pengguna kereta api. Proyek ini berjalan dari 3 Oktober hingga Desember 2025.

Menurut Cahyo, seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik di wilayah Banyuwangi.

“Kami mohon dukungan dan pengertian dari para pelanggan selama masa pekerjaan berlangsung. Beberapa area mungkin akan mengalami penyesuaian sementara, namun seluruh kegiatan ini kami pastikan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang,” tambahnya. (fat)