Secara simbolis, PT MBK Ventura serahkan satu pasang tong sampah organik dan nonorganik kepada Edi Basuki, Camat Rogojampi. (Foto: Firman)
KabarBanyuwangi.co.id – PT Mitra Bisnis Keluarga (MBK)
Ventura, menunjukkan komitmennya dalam membangun masyarakat yang berdaya dan
peduli lingkungan.
Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), MBK
Ventura menyalurkan bantuan berupa 43 pasang tempat sampah organik dan
nonorganik yang dibagikan merata ke 10 desa di Kecamatan Rogojampi, Kabupaten
Banyuwangi.
Kegiatan yang dikemas dalam sosialisasi pembiayaan dan
edukasi keuangan ini digelar di Balai Serbaguna Kantor Kecamatan Rogojampi pada
Rabu (18/6/2025).
Acara dihadiri Camat Rogojampi, Kapolsek, Danramil, para
Kepala Desa setempat, serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas
Kominfo, dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Banyuwangi.
Aituti Rosita, Area Regional Manager 17 PT MBK Ventura,
menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kontribusi perusahaan tidak
hanya dalam sektor ekonomi masyarakat, tetapi juga kepedulian terhadap
kelestarian lingkungan.
“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu masyarakat,
khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, kami juga ingin
memberikan edukasi keuangan agar masyarakat, terutama para nasabah MBK, bisa
lebih bijak dalam menggunakan jasa keuangan,” ujarnya kepada
KabarBanyuwangi.co.id.
Aituti yang memimpin area Banyuwangi, Jember, Situbondo,
Bondowoso, dan Provinsi Bali ini menyebut, kegiatan serupa akan terus
dilanjutkan di wilayah lain.
“Ke depan, kami akan memperluas program CSR ini ke
kecamatan lain. Karena nasabah MBK Ventura tersebar di lima cabang, yaitu
Rogojampi, Genteng, Muncar, Kalipuro, dan Giri,” jelasnya.
PT MBK Ventura bagikan sejumlah doorprize
menarik kepada para nasabahnya di Banyuwangi. (Foto: Firman)
Camat Rogojampi, Edi Basuki, mengapresiasi langkah MBK
Ventura yang mengadakan kegiatan perdana di wilayahnya. Ia menyebut program ini
sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung program kebersihan desa.
“Kami bersyukur program CSR dari MBK Ventura bisa langsung
dirasakan oleh warga Rogojampi. Tong sampah akan disalurkan ke 10 desa dan
dibagikan langsung oleh kepala desa masing-masing. Ini sangat membantu,” kata
Edi.
Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Jember, Niken Dyah Pristanti, yang memberikan pembekalan literasi keuangan kepada para nasabah MBK Ventura.
“Kami mengapresiasi MBK Ventura sebagai lembaga keuangan
yang legal dan terdaftar di OJK. Sosialisasi seperti ini penting untuk membahas
isu-isu aktual serta memberikan pendampingan yang berkelanjutan kepada
masyarakat,” jelas Niken.
Ia juga menegaskan pentingnya masyarakat memahami cara
kerja lembaga keuangan legal agar terhindar dari jebakan pinjaman ilegal dan
praktik yang merugikan.
Salah satu nasabah MBK Ventura asal Desa Lemahbangdewo,
Sriyani (52), menyampaikan pengalamannya sebagai nasabah selama 15 tahun.
Ia memanfaatkan pembiayaan MBK Ventura untuk membangun
usaha kue kering dan basah, yang kini berkembang hingga memiliki warung
sendiri.
“Alhamdulillah, saya nyaman jadi nasabah MBK. Petugasnya
baik, ramah, dan tidak pernah menekan. Mereka mendampingi kami dengan sabar
sejak awal. Saya awalnya hanya usaha kecil dari rumah, sekarang sudah punya
warung sendiri,” ujar Sriyani.
Kegiaan sosialisasi dan CSR PT MBK Ventura di
Rogojampi, Banyuwangi ditutup dengan swafoto. (Foto: Firman)
Melalui program ini, PT MBK Ventura menegaskan posisinya
bukan hanya sebagai lembaga keuangan, tetapi juga mitra pemberdayaan yang aktif
menebar manfaat sosial, ekonomi, dan edukatif bagi masyarakat Banyuwangi.
Sebagai informasi, PT MBK Ventura adalah perusahaan
pembiayaan mikro berbasis kelompok yang telah terdaftar dan diawasi oleh
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 2003, MBK Ventura fokus
memberikan akses pembiayaan tanpa agunan kepada perempuan berpenghasilan rendah
untuk modal usaha produktif.
Dengan model Grameen Bank dari Bangladesh sebagai rujukan,
MBK Ventura mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pendekatan
pendampingan intensif dan literasi keuangan. Hingga kini, MBK Ventura telah
menjangkau jutaan nasabah di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di daerah
pedesaan dan semi-urban.
Sebagai lembaga keuangan non-bank (LKBB), MBK Ventura juga
aktif dalam kegiatan sosial melalui program CSR di bidang pendidikan,
lingkungan, dan kesehatan. (man)