
Suasana di Bandara Internasional Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id – Mobilitas udara melalui Bandara Internasional Banyuwangi menunjukkan trend positif. Pergerakan pesawat maupun penumpang terus menguat sepanjang 2025.
Selama periode Januari hingga November 2025, tercatat 110.212 penumpang datang dan berangkat. Angka ini mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat, baik untuk keperluan perjalanan wisata, bisnis, maupun agenda pemerintahan.
Geliat transportasi udara juga terlihat dari 783
pergerakan pesawat dan 93 ton pergerakan kargo hingga November 2025. Sejumlah
rute penerbangan pun telah dibuka kembali dan beberapa di antaranya bahkan
menambah frekuensi.
General Manager Bandara Internasional Banyuwangi, Mohamad
Holik Muardi menyampaikan, capaian tersebut menjadi sinyal positif terhadap
kinerja operasional bandara.
“Trafik penumpang dan penerbangan selama tahun 2025 ini
menunjukkan kepercayaan masyarakat dan maskapai terhadap layanan kami semakin
kuat. Kami terus berupaya menjaga kualitas pelayanan, memperluas konektivitas,
serta memastikan operasional bandara berjalan aman, nyaman, dan efisien,"
ujar Holik, Senin (15/12/2025).
Meski saat ini jumlah penerbangan belum sebaik tahun
sebelumnya, Holik mengungkapkan, rata-rata penumpang yang dilayani telah
mencapai 10 ribu orang per bulan.
“Dengan tren yang stabil, Bandara Internasional
Banyuwangi terus memperkuat kolaborasi dengan maskapai serta pemangku
kepentingan lainnya untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan fasilitas
layanan bagi para pengguna bandara,” jelasnya.
Seiring stabilnya pergerakan trafik udara sepanjang 2025,
Bandara Internasional Banyuwangi memperkuat kesiapan operasional dengan
merancang pelaksanaan Operasi Monitoring Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru
(Nataru) 2025/2026.
Posko Angkutan Udara Nataru di Bandara Internasional
Banyuwangi akan berlangsung selama 21 hari, mulai 15 Desember 2025 hingga 4
Januari 2026. Posko juga berfungsi sebagai wadah kolaborasi seluruh pemangku
kepentingan di bandara.
“Pengoperasian Posko ini menjadi penanda dimulainya
kesiapan penuh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat pada periode
Nataru. Komitmen kami adalah melayani sepenuh hati, kami ingin memastikan
setiap orang yang bepergian merasakan perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan
berkesan," ujar Holik.
Sebagai bagian dari penguatan layanan, pihaknya telah
menyiapkan sejumlah langkah strategis, antara lain peningkatan sistem keamanan
dan keselamatan, inspeksi harian terpadu pada area sisi udara, penyesuaian slot
penerbangan, antisipasi terhadap kondisi cuaca ekstrem.
Koordinasi juga diperkuat dengan maskapai, AirNav
Indonesia, ground handling, dan instansi terkait lainnya. Selain itu,
penyampaian informasi kepada publik juga akan digencarkan melalui berbagai
kanal komunikasi untuk memastikan pengguna jasa memperoleh informasi yang
akurat dan terkini.
Dengan perencanaan yang matang dan koordinasi menyeluruh
serta komitmen melayani sepenuh hati Holik menyatakan, "Kami berkomitmen
dalam memastikan seluruh operasional selama periode Nataru berjalan dengan
aman, lancar, dan memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh
penumpang" imbuhnya. (*)