Ucapan Ipuk Sugirah

Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Dimulai BesokDinkes Banyuangi


Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Dimulai Besok

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono. (Foto: Humas/kab/bwi/dok)

KabarBanyuwangi.co.id - Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua tahap pertama pada Kamis (11/2/2021) besok.

Dia menyebutkan, suntik vaksin dosis kedua ini akan diberikan kepada 6.349 tenaga kesehatan dan 10 tokoh Banyuwangi yang sebelumnya sudah menjalani suntik vaksin dosis pertama.

"Vaksinasi dosis kedua ini digelar berbeda dengan yang pertama. Jika sebelumnya dilaksanakan di Pendopo, namun untuk yang kedua kita akan mendatangi ke tempat kerja mereka masing-masing," ujar dr. Widji Lestariono, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :

Dia menjelaskan, vaksinasi kedua tersebut dilakukan tepat 14 hari atau dua minggu setelah pemberian vaksin pertama. Pemberian jeda 14 hari ini sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan.

"Vaksin dosis kedua ini diberikan untuk merangsang dan menguatkan fungsi vaksin, menguatkan antibodi," jelasnya.

Meski demikian, mereka yang sudah divaksin tidak serta merta lalai tidak menerapkan protokol kesehatan. "Jadi, semua yang sudah mendapatkan vaksinasi harus tetap mematuhi dan selalu menerapkan protokol kesehatan," tandasnya. (fat)