Peringati Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HIKMAN), PD AMAN Osing Dorong Lahirnya Perda PPMAPD Aman Osing


Peringati Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HIKMAN), PD AMAN Osing Dorong Lahirnya Perda PPMA

Keterangan Gambar : Salah satu kegiatan PD AMAN Osing, melestarikan tradisi Mocoan Lontar Yusuf (Dok. PD AMAN Osing)

KabarBanyuwangi.co.id - Tahun ini dirayakan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) dan 22 tahun AMAN (17 Maret 1999 – 2021). Perayaan tahun ini mengambil tema: “Tetap Tangguh di Tengah Krisis”.

Menurut Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Aman Osing, Wiwin Indiarti, tema tersebut dipilih, untuk menegaskan bahwa apa yang selama ini diperjuangkan adalah benar dan baik.

“Pandemi memberikan berbagai jawaban sekaligus memberikan petunjuk arah ke masa depan yang lebih baik, sebuah kehidupan baru dimana kita harus hidup terus menjaga ibu bumi dan adil dengan sesama manusia,” ungkap Peneliti Naskah-Naskah Kuna Banyuwangi ini.






Baca Juga :

Wiwin yang alumni FIB UGM ini menambahkan, bahwa Masyarakat Adat yang bertahan di tengah-tengah krisis saat ini adalah yang masih menjaga keutuhan wilayah adat, dan setia menjalankan nilai-nilai dan praktek luhur nenek moyang kita. Musyawarah adat, gotong royong, memiliki rasa senasib sepenanggungan dan memanfaatkan kekayaan titipan leluhur secara bijaksana.

“Masyarakat Adat beserta wilayah adatnya, masih bertahan sebagai sentral produksi dan lumbung pangan. Ini telah terbukti mampu menyelamatkan warga Masyarakat Adatnya, sesama kelompok Masyarakat Adat bahkan menyelamatkan bangsa dan negara dari ancaman krisis pangan,” kata Wiwin.

Lebih lanjut Wiwin menjelaskan, Masyarakat Adat tidak hanya memiliki kemampuan untuk memenuhi pangannya secara mandiri, tetapi mampu berbagi dengan komunitas-komunitas lain, bahkan ke kota-kota.

Sementara Bagi Masyarakat Adat Osing, perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMA) dan 22 tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), dimaknai juga sebagai pemantik semangat mendorong percepatan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Masyarakat Adat Osing di Kabupaten Banyuwangi.

“Kami sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah pihak terkait, untuk melahirkan Perda tentang Pengakuan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat (PPHMA) Osing. Bahkan dalam sejumlah pertemuan, rencana tersebut sudah kami sampaikan. Sayangnya, dari sejumlah pertemuan, Anggota DPRD yang kita undang tidak ada yang datang,” keluh Wiwin.

Pengurus Daerah AMAN Osing bersama organisasi sayap menyambut perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMA) dan 22 tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dengan mengadakan selamatan sederhana dan ritual Mocoan Lontar Yusup.

Acara digelar di rumah Pesinauan-Sekolah Adat Osing tanggal 16 Maret 2021 pukul 19.00 WIB hingga dinihari tanggal 17 Maret 2021. Sukseskan perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara & 22 Tahun AMAN: “Tetap Tangguh Di Tengah Krisis” (sen)