Sebanyak 40 Peserta Pelatihan Sinden Gandrung 2021, Akan Gelar PerformDisbudpar Banyuwangi


Sebanyak 40 Peserta Pelatihan Sinden Gandrung 2021, Akan Gelar Perform

Keterangan Gambar : Moh. Ikhwan, salah satu pengisi materi, sedang menjelaskan tentang Biola Gandrung. (Foto: Busi Osing)

KabarBanyuwangi.co.id - Rangkaian pembekalan kepada 40 orang calon sinden Banyuwangen terus bergulir. Sebelum diberi kesempatan unjuk kemampuan, para calon sinden baru itu terlebih dahulu harus melewati masa-masa 'Ngenger' atau 'Nyantrik' kepada para Maestro yang mengajari mereka yaitu: Gandrung Temu',  Gandrung Sunasih, Gandrung Siti dan Gandrung Kholipah.

Panitia pelatihan Sinden Gandrung, Suko Prayitno, menjelaskan, nantinya semua peserta akan diwajibkan tampil dalam acara perform khusus yang akan digelar di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pada tanggal 5 April mendatang.

"Semua peserta akan tampil diacara perform, yang merupakan rangkaian Dari pelatihan ini," kata Suko yang juga pemilik Sanggar Tari Gandrung Arum, Cluring.






Baca Juga :

Selain penampilan skill, atau kemapuan mereka secara personal, lanjut Suko, acara perform juga akan menyuguhkan bentuk tampilan lain dari tampilan sinden pada umumnya.

"InsyaAllah juga akan ditampilkan paduan suara ala sinden, untuk mengetahui kemampuan olah suara bersama-sama," tambahnya.


Keterangan Gambar : Suasana Pembekalan Pelatihan Sinden Gandrung 2021. (Foto: Budi Osing)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, menyampaikan, bahwa para pesinden baru itu juga akan diberi kesempatan untuk tampil dalam acara Festival Gandrung Terop pada bulan Agustus mendatang.

“Ini langkah pembinaan yang berkesinambungan, tidak hanya pelatihan sinden kemudian selesai. Namun para peserta, terutama yang memenugi kulialisikasi tertentu akan dilibatkan dalam setiap event Gandrung yang digelar Pembkan Banyuwangi” tegas Bram. (bud)