Pelatihan otomotif di BPVP Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
KabarBanyuwangi.co.id – Menyambut arus mudik Lebaran 2025, Balai Pelatihan Vokasi dan Pendidikan (BPVP) Banyuwangi menghadirkan layanan servis kendaraan gratis bagi masyarakat.
Program ini berlangsung selama empat hari terhitung mulai tanggal 17 hingga 20 Maret. Masyarakat bisa melakukan servis kendaraannya di Kantor BPVP Banyuwangi yang berlokasi di Kecamatan Muncar.
Kepala BPVP Banyuwangi, Arsad menjelaskan, program ini
merupakan inovasi lembaganya dalam mendukung kelancaran mudik sekaligus
menjalankan arahan dari pimpinan pusat untuk memberikan manfaat langsung kepada
masyarakat.
"Ini kali pertama kami menyelenggarakan program ini
di Banyuwangi. Semoga dapat membantu pemudik memastikan kendaraan mereka dalam
kondisi prima sebelum melakukan perjalanan jauh," ujar Arsad, Kamis
(13/3/2025).
Sebagai daerah jalur strategis bagi pemudik dari berbagai
wilayah, Banyuwangi sering menjadi titik transit. Dengan adanya program servis
gratis ini, masyarakat diharapkan bisa lebih tenang dan nyaman saat bepergian
tanpa khawatir akan kondisi kendaraannya.
BPVP Banyuwangi selama ini dikenal sebagai pusat
pelatihan vokasi yang fokus pada pengembangan keterampilan tenaga kerja.
Program servis gratis ini tak hanya memberikan layanan kepada masyarakat,
tetapi juga menjadi ajang praktik bagi peserta pelatihan otomotif.
Arsad menyebut, layanan servis ini terbuka untuk umum,
tetapi dengan kuota terbatas. Setiap harinya, hanya 16 unit motor dan 8 unit
mobil yang bisa dilayani.
"Proses servis akan dikerjakan oleh 16 montir dari
kelas otomotif. Dimungkinkan juga ada personel tambahan. Karena ini terbatas
sehingga kami imbau masyarakat untuk segera mendaftar," ujarnya.
Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan servis
gratis ini, informasi lebih lanjut dapat diakses melalui media sosial BPVP
Banyuwangi.
Arsad berharap program ini bisa menjadi agenda tahunan
BPVP Banyuwangi sehingga lebih banyak masyarakat yang terbantu dalam memastikan
kendaraannya tetap prima menjelang mudik Lebaran.
"Kami ingin memberikan pelayanan terbaik, terutama
bagi mereka yang bersiap mudik. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk
berkontribusi dalam keselamatan perjalanan masyarakat," jelasnya. (fat)